Transparan  News
13 Juli 2018

Bappeda Akan Terapkan Lampu LED untuk PJU dan Gedung Pemkot Bekasi

Anto Baho

TransparanNews, BEKASI -Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) akan menerapkan pemakaian Lampu Hemat Energi LED (Light Emitting Diode) untuk Penerangan Jalan Umum dan Gedung di Kota Bekasi.

Menurut Kepala Bappeda Kota Bekasi, Ir. A Koswara, MP, bahwa pemakaian lampu LED untuk penerangan jalan umum sudah tepat karena dapat menghemat biaya efisiensi anggaran listrik hingga 40 persen (efisiensi anggaran), biaya perawatan yang relatif lebih murah, awet dan tahan lama.

“Pemakaian lampu LED pada PJU dapat menghemat biaya listrik sebesar 40 persen.” kata Koswara Rabu, (11/7/2018).


Selain itu, dilihat dari persentase, pencahayaan lampu LED lebih hemat 85 persen dari listrik lampu pijar, lebih hemat 50 persen dari listrik lampu fluorescent, lebih hemat 50 persen dari energi CFL, lebih hemat 30 persen dari energi lampu neon, serta tidak memerlukan gas dan sollar cell untuk menghasilkan cahaya.

Dalam hal kelola, kata Koswara, Pemkot Bekasi akan menunjuk Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Sinergi Patriot Bekasi sebagai operator untuk menjalankan program pemerintah Kota Bekasi tentang Lampu Hemat Energi.

“Kami sudah bicarakan dengan stakeholders, telah mengkaji, dan mempelajari bagaimana proses pemakaian lampu LED ini jika diterapkan di Kota Bekasi.” ujarnya – (ADV/RZL)

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *