Transparan  News
21 Maret 2020

Bersama FUKHIS Menjaga Toleransi Antar Umat Beragama di Kota Bekasi

Wahyu Octavianus

TransparanNews, BEKASI – Pentingnya menjaga Toleransi saling menghargai antar umat beragama dan demi menjaga kondusifitas khususnya di wilayah Kota Bekasi, telah dilakukan perbincangan dengan salah satu tokoh organisasi Agama Islam di Kota Bekasi yaitu Ustadz Nanang Seno selaku Panglima Laskar Forum Ukhuwah Islamiyah (FUKHIS) Kota dan Kabupaten Bekasi bertempat di kediaman Ustadz Nanang Seno Perum Mutiara Gading Timur Blok H No H5 – 16 Kel. Mustika Jaya Kec. Mustika Jaya Kota Bekasi, Jumat (20/3/2020).

Intinya bahwa toleransi saling menghargai antar umat beragama di Kota Bekasi harus saling menghargai dan menghormati. Dan ada 2 (dua) hal penting dalam Toleransi antar umat Beragama yang pertama, negara kita adalah Negara Pancasila dengan lambang Burung Garuda dengan semboyan Bhineka Tunggal Ika.

Yang ke 2 (dua) Bhinneka Tunggal Ika menggambarkan persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia yang terdiri dari beraneka ragam Suku, Budaya, Ras, Agama, dan Bahasa. Meskipun Indonesia beraneka, namun semboyan ini mempunyai makna yang tercermin pada masyarakat Indonesia yang diikat dalam prinsip persatuan dan kesatuan bangsa yang dikenal dengan ‘Bhinneka Tunggal Ika’. Kekuatan dan kerukunan beragama, berbangsa, dan bernegara yang harus disadari oleh karenanya kebhinekaan harus dijaga.

Masih berdasarkan keterangan Ustadz Nanang Seno yang sehari hari menjalankan bisnis usaha bibit Ikan menjelaskan, bahwa toleransi beragama yang saat ini berjalan baik di Kota Bekasi perlu dilakukan kelanjutan untuk menciptakan kondisi situasi Kota Bekasi sama yang mana toleransi beragama itu merupakan masing-masing dari pada Agamanya dan tidak ada saling mengganggu untuk mewujudkan keamanan di wilayah kota Bekasi, Bhinneka Tunggal Ika yang dimaksud olehnya yaitu dari beragam beragam suku agama ras sudah jelas bahwa NKRI adalah suatu kesatuan negara yang merupakan terdiri dari agama suku dengan tidak mengganggu satu sama lain dengan menjunjung toleransi secara berkeagamaan.

Sebagai Panglima Laskar Fukhis Kota dan Kabupaten Bekasi juga mengatakan, bahwa perlunya peran Pemerintah baik secara tingkat Pemerintahan Instansi yang berkait bahwa untuk mewujudkan hal-hal seperti itu perlu kiranya dilakukan saling berkomunikasi aktif dan saling berkoordinasi satu sama lain untuk menjaga ketentraman kehidupan yang ada di kota Bekasi dengan tidak mengusik kegiatan beragama satu sama lain dalam hal ini sumber menjelaskan seperlunya Azas hormat menghormati dalam menjalankan ke Agamaan yang sesuai dengan keyakinan masing masing. (Red)

 

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *