Transparan  News
25 Mei 2018

Dinilai Kurang Respon Terhadap Permasalahan Gelaran Pilkada Kota Bekasi, LSM GMBI Geruduk Kantor Panwaslu

Saut Manullang

TransparanNews, BEKASI – Ratusan massa dari GMBI mendatangi kantor Panwaslu Kota Bekasi yang terletak di jalan Hasibuan,Bekasi Timur Jumat,(25/5). Kedatang mereka terkait dengan kinerja Panwaslu yang dinikai kurang respon terhadap berbagai permasalahan dalam gelaran Pilkada Kota Bekasi.

Menurut Sekjen GMBI, Asep Sukarya mengatakan bahwa GMBI sebagai sosial kontrol, serta meminta kepada Panwaslu agar lebih tegas terhadap berbagai pelanggaran Pilkda.

“Kami memberikan contoh, kurangnya ketegasan dari panwaslu terhadap pelanggar pilkada, serta tranparansi,” ujar Asep.

Ia juga berharap bahwa pada gelaran pilkada 2018, semua pihak dapat menahan diri dan tidak mudah terprofokasi. Namun, ia juga berharap kepada Panwaslu Kota Bekasi agar lebih intensif dalam pengawasan Pilkda dari semua tingkatan.

“Kami menginginkan Pilkada yang aman dan kondusif di kota Bekasi. Kedewasaan pola pikir ditengah masyarakat sudah tidak dipertanyakan, namun, Panwas ditingkat kelurahan harus ikut aktif berperan mengontrol segala jenis pelanggaran,” tambahnya

Ia juga menyinggung terkait dengan adanya penggiringan oleh ASN kota Bekasi beberapa waktu yang lalu. Namun tidak ada tindakan tegas dari Panwaslu Kota Bekasi.

Sementara itu, Devisi Penindakan Pelanggaran, Panwaslu Kota Bekasi M. Iqbal Alam Islami mengatakan bahwa panwaslu menerima segala masukan yang diberikan berbagai pihak. Menurutnya kewenangan panwaslu dalam pelanggaran ASN sangat terbatas.

“Kalau ASN kan kita hanya sifatnya merekomendasikan saja, kewenangannya ada di gubernur dan komisi ASN,” kata Iqbal.

“Seperti pernasalahan yang sudah berjalan, Ujaran kebencian dan penggiringan oleh ASN, memang harus ditangani segera,” tambahnya.(Chris)

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *