Transparan  News
24 Juni 2019

Efisiensi Anggaran, Walikota Bekasi Inruksikan Jajarannya Lebih Hemat Energi

Saut Manullang

TransparanNews, KOTA BEKASI – Walikota Bekasi Dr H Rahmat Effendi mengeluarkan instruksi walikota untuk dijalankan semua Organisasi Perangkat Daerah(OPD) agar melakukan penghematan energi di lingkungan kantor Pemerintahan Kota Bekasi.

Kepala Bagian Humas Kota Bekasi Sajekti Rubiyah mengatakan upaya penghematan energi ini berdasarkan surat edaran Instruksi Walikota Bekasi bernomor 671/386/Setda.TU ini mengatur penghambatan energi di lingkungan Pemerintah Kota Bekasi.

Selain itu, menindaklanjuti Intruksi Presiden Nomor 13 Tahun 2011 tentang penghematan Energi dan Air dalam rangka efesiensi penggunaan Anggatan Pendapatan dan Belanja Daerah Kota Bekasi.

“Intruksi ini ada untuk penghematan energi dan penting dilakukan juga sebagai langkah penghematan anggaran Kota Bekasi ditengah kondisi keuangan saat ini,” ujar Kabag Humas Sajekti, Senin, (24/6/2019).

Dalam instruksi tertuang lima poin langkah penghematan energi di Pemerintah Kota Bekasi. Pertama, mewajibkan kepada seluruh aparatur untuk melakukan penghematan penggunaan energi listrik, kedua menggunakan lampu hemat energi dan mengatur tingkat pencahayaan sesuai kebutuhan serta mematikan lampu pada ruangan yang telah cukup mendapatkan sinar matahari.

Ketiga, memadamkan sebagian besar aliran listrik setelah jam kerja, kecuali lampu-lampu tertentu untuk pengamanan saat malam hari. Keempat, sarana/peralatan/perlengkapan yang menggunakan energi listrik harus digunakan seefektif dan seefisien mungkin serta dilarang menggunakan bukan untuk menunjang kegiatan kantor.

“Dan poin kelima, agar alat pendingin ruangan hanya dioperasikan pada saat jam kerja. Agar Intruksi ini mendapatkan perhatian dan dapat dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab,” pungkasnya.(Chris)

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *