Transparan  News
23 April 2018

MPP Jadi Pilihan Buat Masyarakat Kota Bekasi untuk Mendapatkan Pelayanan

Saut Manullang

TransparanNews, BEKASI – sejak diresmikan oleh Walikota Bekasi Rahmat Effendi, pada hari Senin (12/2/2018) di Bekasi junction jalan, Ir Juanda bekasi. MPP (Mal Pelayanan Publik) terus dipadati oleh masyarakat Bekasi yang ingin mengurus surat-surat seperti KTP, KK, SIM, perijinan, bahkan sampai perpajakan.

Masyarakat rela mengantri dari pagi hari hingga selesai, untuk mengurus surat-surat yang ingin di urus, seperti Roby Restari 26 tahun yang telah selesai mengurus e-KTP.
 
Walaupun saya mengantri dari pagi, tidak masalah. karena saya sangat puas dengan pelayanan yang ada di MPP. sudah cepat, petugasnya pun ramah-ramah jelas Roby.
Baru satu jam dari loket dibuka, e-KTP saya sudah jadi.
 
Awalnya saya tidak percaya prosesnya bisa secepat ini.tapi begitu saya coba sendiri, saya baru percaya. dua jempol deh untuk MPP dan pelayanannya, tambah Roby kepada transparanNews.
 
Tidak sampai disitu, TransparanNews juga mewawancarai salah seorang masyarakat yang sedang menunggu proses SIM nya yang hampir selesai.
Termiji 30 tahun, warga Bekasi barat yang datang ke MPP untuk mengurus SIM.
 
Menurut Termiji, mengurus SIM di MPP mudah, lebih gampang, dan nyaman. setelah no antrian saya di panggil, saya diberi pengarahan sama petugas, dan tidak sampai 30 menit SIM saya sudah jadi. Terbayar sudah, saya mengantri dari jam 6 pagi tidak sia-sia, karena saya sangat puas dengan pelayanan publik yang ada di MPP.
 
Harapan saya, pelayanan yang ada di MPP ini, mestinya bisa menjadi acuan kepada setiap kantor pelayanan publik yang ada di Kota Bekasi ini, terang Termiji kepada TransparanNews.
 
Ditempat yang sama, Keterangan Andi Kasie MPP, dalam kurun 2 bulan ini, MPP sudah mengeluarkan 36 ribu layanan jadi, terdiri dari SIM, e-KTP, KK, STNK dan pelayan pajak bahkan sampai ke perizinan.
 
Untuk mencapai angka 36 ribu itu pun tidak mudah bagi kami, kami harus siap menambah jam kerja untuk memberikan layanan tambahan pada  masyarakat yang datang ke MPP, guna kepengurusan surat-surat. Karena’ rakyat yang harus dilayani itu tidak sedikit. Banyak sekali, ucap Andi.
 
Walaupun pun ada masyarakat yang tidak dapat kami layani karena keterbatasan kuota, untuk mensiasati, kami selaku petugas yang bertanggung jawab di MPP telah membuka pelayanan melalui Online, caranya mudah.
 
Masyarakat dapat mendownload SIMPADUK di aplikasi Googel Play Store, setelah di download, masyarakat bisa mendaftar melalui Gmail pribadi di aplikasi SIMPADUK. saat mendaftar pastikan data yang dimasukkan benar. Agar dapat kami proses. Ke esokan harinya, si pengaju bisa datang kembali ke MPP, untuk mengambil berkas yang diajukan, kalau memang tidak ada kesalahan pada saat pendaftaran.bisa di pastikan berkasnya sudah pasti jadi. terang Andi.
 
Dengan adanya pendaftaran melalui Online, kami harus siap untuk pulang larut malam, demi melayani masyarakat yang mendaftar melalui Online, karena yang mendaftar melalui Online tidak kalah banyak dengan jumlah yang datang langsung ke MPP.
 
“Kami memang belum bisa memberikan pelayanan yang baik untuk masyarakat Bekasi, tapi kami berkomitmen untuk bisa total dan berintegritas dalam pelayanan yang ada di MPP”, tutur Andi dengan tegas kepada TransparanNews.
 
Ditempat terpisah, melalui telepon dari WhatsApp kepada TransparanNews, 
Lintong Dianto Putra, A. P, M.Si, selaku (Sekdis) DPM-PTSP Kota Bekasi mengatakan, sangat mengapresiasi pelayanan yang dilakukan di MPP.
 
“Saya mengapresiasi semangat dan cara kerja temen-temen yang ada di MPP, dalam melayani masyarakat  mereka selalu punya  ide-ide baru, guna meningkatkan pelayana kepada masyarakat Bekasi, khusus nya mereka yang datang ke MPP”, ucap Lintong.
 
Apa lagi sekarang MPP sudah punya aplikasi SIMPADUK, dengan adanya SIMPADUK. masyarakat Bekasi jauh lebih di mudahkan untuk mengurus beragam keperluan perizinan dan juga perpajakan, tinggal download aplikasinya, daftar lewat Gmail pribadi, trus jadi, kata Lintong.
 
“Saya rasa, MPP cukup berhasil dalam memberikan pelayanan yang baik untuk masyarakat Bekasi. terlihat dari begitu antusias nya masyarakat Bekasi berdatangan ke MPP. Untuk mengurus  e-KTP, SIM, KK, Perizinan dan pajak”, ungkapnya.
 
“Karena menurut saya,  kesuksesan dan keberhasilan dari tata kelola pemerintahan yang baik adalah, dengan pemberian pelayanan yang baik bagi masyarakat, karena bermanfaatnya kami sebagai ASN (Aparatur Sipil Negara) adalah, ketika kami bisa memberikan layanan terbaik bagi masyarakat, kalau kami belum bisa memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, berarti kami sebagai ASN itu belom bermanfaat”, tutup Lintong. (Dolfren)

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *