Transparan  News
29 November 2017

Sejumlah Jabatan Struktural di Kota Bekasi Diduduki Mantan Napi

Saut Manullang

TransparanNews, BEKASI – Sesuai Surat Keputusan Walikota baru-baru ini, bahwa jabatan struktural setingkat Kepala Bidang (Kabid) dan Kepala Seksie (Kasie) di beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) ditunjuk dari mantan Narapina (Napi). Padahal jelas hal itu sangat bertentangan dengan Aturan dan Peraturan yang ada.

Jabatan Struktural di Pemerintahan Kota (Pemkot) Bekasi yang diduduki sejumlah mantan narapidana tersebut, hal ini sangat bertentangan dengan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri No.800/4329/SJ/2012 yang dikuatkan dengan Peraturan Pemerintah No.53/2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Menanggapi hal itu, Direktur Bidang Hukum Lembaga Swadaya Masyarakat Tim Analisa Penggunaan Anggaran Pemerintah (LSM – TANGKAP), Jumintar Pardede, SH mengatakan, bahwa hal itu tidak dibenarkan, karena bertentangan dengan Peraturan yang ada, yakni Surat Edaran Mendagri dan Peraturan Pemerintah dimana mantan narapidana dilarang menduduki Jabatan Struktural.

Lanjutnya, keputusan Walikota yang menempatkan mantan Napi menduduki Jabatan Struktural dapat merugikan diri sendiri dan berdampak pemberian sanksi oleh Menteri Dalam Negeri.

“Keputusan Walikota, menempatkan mantan Napi pada Jabatan Struktural bisa berdampak diberikannya sanksi, bahkan sampai pencopotan,“ ungkapnya kepada IM, Senin, (27/11).

Lebih jauh diterangkan Juminter, inti dari Surat Edaran Menteri Dalam Negeri tersebut adalah larangan kepala daerah memberikan jabatan kepada bekas napi kasus korupsi, sesuai surat tertanggal 29 Oktober 2012.

“Sehubungan dengan hal tersebut, sesuai dengan semangat reformasi birokrasi dan pemberantasan korupsi serta tindak kejahatan jabatan lainnya, maka terhadap PNS yang telah menjalani hukuman pidana disebabkan tindak pidana korupsi atau kejahatan jabatan lainnya, agar tidak diangkat dalam jabatan struktural,” tegasnya. (Anto/Saut)

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *