Transparan  News
11 Desember 2019

Seminar Kewirausahaan Perempuan Digelar Sambut Hari Ibu Ke-91 Tingkat Kota Bekasi

Saut Manullang

TransparanNews, KOTA BEKASI – Menyambut Peringatan Hari Ibu Ke-91 Tingkat Kota Bekasi, Dinas Pemberdayaan Perlindungan Perempuan dan Anak (DP3A) Kota Bekasi mengadakan seminar kewirausahaan bagi ratusan ibu di Gedung Patriot Kota Bekasi, Rabu (11/12/2019).

Hadir dalam seminar ini, Wiwik Hargono Istri Wakil Walikota Bekas Tri Adhianto, Ibu Kepala Kejaksaan Negeri Bekasi, ibu-ibu pengusaha hingga para anggota organisasi wanita Kota Bekasi.

Kepala DP3A Kota Bekasi Riswanti mengatakan seminar Hari Ibu Ke-91 digelar untuk terus memberikan pemahaman mengenai pentingnya keberadaan perempuan sebagai guru pertama dan yang utama untuk menciptakan anak generasi muda yang baik. Bersama peran laki-laki untuk membangun kesejahteraan keluarga.

“Perempuan terus bisa meningkatkan kedudukannya dalam peran di segala aspek kehidupan berbangsa dan bernegara demi terwujudnya kesejahteraan perempuan dan anak. Kemudian turut menciptakan perdamaian di tengah keluarga dan masyarakat,” ucap Riswanti.

Ia juga menegaskan pihaknya terus bersama stakeholder terkait akan memberikan bantuan untuk penyelesaian kasus keluarga Kota Bekasi. Karena selama ini pihaknya tidak berhenti untuk memberikan pelayanan tersebut ditambah tersedia sarana konsultasi psikolog di Kantor DP3A yang berada di Lantai 5 Kantor Walikota Bekasi. Pihaknya dalam hal ini menggandeng institusi pendidikan UNISMA Bekasi dan Universitas Bhayangkara.

“Ini juga untuk menyampaikan Kota Bekasi terus berupaya membantu keluarga dalam salah satunya kasus KDRT yang dialami kaum perempuan dan anak atau yang dialami suami juga ada. Kita membuka sarana konsultasi dan penyelesaian kasus sampai tuntas,” papar Riswanti.

Sementara itu, dalam sambutannya Wiwik Hargono, Istri Wakil Walikota Bekasi Tri Adhianto yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua PKK Kota Bekasi dan Penasehat GOW mengatakan menyambut baik kegiatan seminar dalam menyambut Hari Ibu Ke-91 di Kota Bekasi.

Kata dia seminar pemberdayaan perempuan dalam bidang kewirausahaan sangat penting salah satu upaya dalam meningkatkan kualitas keluarga Kota Bekasi. Selain itu sebagai momentum perjuangan kaum perempuan di Kota Bekasi agar bisa terus mendidik anak generasi muda dengan sebaik-baiknya.

“Peringatan hari ibu agar kita semakin mengerti peran kaum perempuan guna meningkatkan kualitas hidup masyarakat,” kata Wiwik Hargono.

Hari Ibu diperingati setiap tanggal 22 Desember berawal dari peran kaum perempuan bersama laki-laki dalam perjuangan kemerdekaan RI di tahun 1928. Hingga turunnya Peraturan Presiden Nomor 316 Tahun 1956 yang menetapkan 22 Desember sebagai Hari Ibu dan Hari Nasional bukan hari libur.

Wiwik Hargono juga berharap Kaum ibu Kota Bekasi, mampu menjadi sosok perempuan yang mandiri , percaya diri dan meningkatkan kualitas diri bersama sama kaum laki-laki untuk membesarkan keluarga dan bangsa.

“Selamat hari ibu ke 91 dan jadilah ibu-ibu hebat seperti Ratu Kendedes yang bisa melahirkan dan mendidik anaknya hingga menjadi raja-raja Jawa,” kata Wiwik.

Dalam istilah lain peran Ibu bisa seperti Periuk atau tempat menyimpan beras dan tempat air untuk keluarganya. Bisa memberi rasa kenyang dan melegakan dahaga apabila haus dan menjadi air untuk membasuh dan membersihkan seluruh keluarga.

“Semoga Allah SWT mewujudkan doa-doa kita untuk seluruh keluarga kecil kita dan membantu membangun Bekasi dengan mempersiapkan generasi muda dengan bekal yang baik,” pungkasnya.

Dalam seminar kewirausahaan ini dilaksanakan dengan sederhana namun tetap dirasakan bermakna bagi ibu-ibu yang hadir. Terlebih salah satu narasumber Ibu Paini, memberikan motivasi dan pengalaman dirinya walaupun dengan keterbatasan fisik tapi tetap bisa berusaha untuk kesejahteraan keluarga.

Paini juga sebagai ketua Komunitas Bersama Penyandang Disabilitas Kota Bekasi dan selama puluhan tahun berusaha di daerah Rawalumbu. Sambil memberdayakan perempuan penyandang disabilitas yang ada. Satu narasumber lainnya, ibu Prita seorang motivator dan pengusaha, juga sebagai guru PR di London School Bekasi.(ADV/Chris)

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *