Transparan  News
14 Maret 2019

Wakil Walikota Bekasi Tri Adhianto Tjahyono, membuka Rakerda Dekopinda Kota Bekasi ke IV 2019

Saut Manullang

TransparanNews, BEKASI – Wakil Walikota Tri Adhianto membuka Rapat Kerja Daerah Dewan Koperasi Indonesia Daerah Kota Bekasi ke IV (empat) di ruang serbaguna hotel Amarosa Grande jalan Ahmad Yani Kota Bekasi, Kamis (14/03/2019).

Rapat kerja dewan koperasi daerah Kota Bekasi yang ke empat kali ini mengangkat tema “Revitalisasi Koperasi Untuk Mewujudkan Perkembangan Pertumbuhan Koperasi Maju Untuk Kesejahteraan Anggota dan Masyarakat”, pada acara tersebut Tri Adhianto di dampingi oleh pak Karto, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kota Bekasi.

Dalam sambutannya Tri Adhianto menjelaskan koperasi bukan hanya bertujuan sebagai wadah simpan dan pinjam uang, oleh karena itu butuh peningkatan fungsi dalam perkoperasian bagi anggotanya. Ia pun menyarankan agar koperasi bisa memanfaatkan teknologi yang ada dengan salah satunya adalah membuat website dan aktif dalam media sosial.

“Sekarang zaman sudah maju, semua sudah pakai teknologi yang bagus dan canggih, Oleh karena itu koperasi harus punya Website dan Media Sosial sendiri, kalau sudah aktif di kedua itu, koperasi bisa memasarkan produknya lebih luas lagi dan kemungkinan besar dapat bekerja sama dengan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) maupun bank sampah untuk memasarkan produknya melalui dunia maya,”pungkasnya.

Menurut Tri Adhianto, berkat adanya koperasi dan UKM di Indonesia, perekonomian tetap stabil. karna ekonomi di Indonesia tidak hanya mengandalkan pasar global yang secara penuh dipengaruhi oleh harga dollar.

Coba kita lihat Negara Chilli yang bergantung kepada dollar, sekarang sudah habis. Kita di Indonesia masih berdiri dan insya Allah akan lebih maju lagi perkembangan perekonomiannya.

di tengah tengah sambutannya Tri Adhianto sempat bercerita bahwa sebelum menjadi Wakil Wali Kota Bekasi, Ia mengaku sempat pernah mendirikan koperasi di Bidang Pengendali Operasi (Dalops) Dinas Perhubungan Kota Bekasi. Dia menilai keberadaan sebuah koperasi sangat penting guna menunjang kesejahteraan anggotanya. Anggota koperasinya yang memiliki keuangan cukup bisa memanfaatkan koperasi untuk menyimpan uangnya. Dari simpanan tersebut kemudian bisa dimanfaatkan untuk membantu anggota koperasi yang lain ketika membutuhkan pinjaman untuk kebutuhan kebutuhan yang mendesak.

Pemerintah Kota Bekasi juga berkomitmen untuk terus memajukan koperasi yang ada di Kota Bekasi. Karena melalui koperasi, semangat kerjasama dan kebersamaan di tengah masyarakat juga bisa dibangun kembali. Dekopinda dalam hal ini diminta untuk berperan aktif dalam membangun koperasi bersama pemerintah. Sehingga, keberadaan koperasi bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas.

“Kehidupan gotong royong mulai terkikis, ini yang harus kita bangkitkan kembali, dan koperasi harus punya potensi ekonomi dan pendidikan yang bisa terus di kembangkan supaya lebih maju dalam bidangnya,” tutup Tri Adhianto.(Saut)

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *