Transparan  News
24 Juli 2019

Demonstrasi Pengolahan Udang menjadi Nugget oleh KUKERTA UNRI di Desa Batang Tumu

Saut Manullang

TransparanNews, BATANG TUMU – Desa Batang Tumu adalah salah satu desa yang mayoritas penduduknya bermata pencaharian sebagai nelayan. Di desa ini, komoditas utama yang diperoleh adalah ikan dan udang. Ikan dan udang biasanya hanya dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai bahan pembuatan kerupuk atau olahan makanan pada umumnya, padahal saat sekarang, komoditas udang ini dapat diolah menjadi berbagai olahan yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi.

Salah satunya yang sedang ramai di pasaran saat ini yaitu olahan frozen food seperti nugget. Nugget adalah olahan dari lumatan daging yang dibaluri dengan tepung roti atau tepung panir. Mengingat potensi yang demikian, mahasiswa KUKERTA Desa Batang Tumu mencoba mengenalkan pengolahan daging udang menjadi nugget udang.

Kegiatan demostrasi nugget udang ini dilaksanakan di kantor Desa Batang Tumu pada siang hari sekitar jam 13:00 WIB. Pada kegiatan ini, Mutia Tridamayanti dan Muhammad Kamal Akbar menjadi narasumber demostrasi ini. Selain mengajarkan tentang pembuatan nugget udang, mahasiswa KUKERTA Desa Batang Tumu juga memberikan contoh packing dari nugget udang tersebut.

“Pada akhirnya, kami harap masyarakat Desa Batang Tumu bisa membuat olahan nugget udang dan menjadikannya sebagai sumber ekonomi baru. untuk ,” ujar Muhammad Kamal Akbar salah satu mahasiswa KUKERTA Desa Batang Tumu yang menjadi narasumber pembuatan nugget udang, Rabu (24/07).

Pada demonstrasi tersebut, ibu –ibu PKK dan masyarakat diajarkan sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Di akhir acara, mahasiswa KUKERTA Desa Batang Tumu mengajak semua yang hadir untuk berfoto bersama. (Soe/Red)

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *