Transparan  News
29 Desember 2018

Kelompok Tani Dolokmargu Lakukan Pertanaman Bawang Putih

Anto Baho

TransparanNews, HUMBAHAS – Kelompot Tani Mandiri Desa Dolokmargu Kecamatan Lintongnihuta Kabupaten Humbang Hasundutan  (Humbahas) melakukan pertanaman bawang putih bersama semua anggoto yang terdiri dari 18 KK dan disaksikan oleh Kabid TPH Dinas Pertanian Kabupaten Humbahas Yonepta Habeahan seta kordinator UPT POPT PHP Provsu Sumurung Togatorop, Sabtu (29/12).

Ketua Kelompok Tani Mandiri Marganda Silaban menyebut untuk budidaya tanaman bawang putih baru ini dilakukan perdana, tetapi untuk bawang merah sebelumnya telah tanam dan hasilnya sangat mendukung

“Dengan hasil yang maksimal, akan membuat petani makin bergairah untuk membudidayakan tanaman bawang putih baik bawang merah”, ucapnya.

Katanya, untuk budidaya tanaman bawang putih acuannya adalah cara menanam bawang merah, dimana bawang putih juga bawang merah satu spesies yang sama.

“Oleh sebab itu, semua petani melalui kelompok tani mandiri akan menerapkan bertani dengan cerdas, sehingga apa yang diharapkan nantinya akan sesuai”, ujarnya.

Marganda juga menyebut untuk lahan yang dikelola semua kelompok tani dari 18 KK luasnya mencapai 12 hektar.

“Kami telah tanami berbagai macam aneka jenis diatas lahan tersebut, antara lain Cabe, Tomat, Jagung, bawang merah juga Padi Gogo, sesuai dengan program pemerintah yang menjadikan kabupaten humbang hasundutan bisa jadi lumbung pangan. Kami dari kelompok tani mandiri siap mensukseskanya”, ungkapnya.

Tak lupa juga kelompok tani mandiri melalui ketua kelompoknya Marganda Silaban mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Humbang Hasundutan atas program-programnya untuk pertanian sehingga manfaatnya telah dirasakan lapisan masyarakat petani yang didukung lagi dengan berbagai Alsintan yang telah banyak sehingga memudahkan Petani menggarap lahanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kabupaten Humbang Hasundutan Junter Marbun melalui Kabid TPH Dinas Pertanian Yonepta Habeahan mengatakan telah menanam bawang putih seluas 12 hektare selama 4 hari.

“Adapun penanaman terdiri dari kecamatan pollung seluas 4 hektar dan sisanya 8 hektar di kecamatan lintongnihuta,sesuai program 50 hektar tanam perdana bawang putih dikabupaten humbang hasundutan akan selesai sesuai jadwal yang telah disepakati bersama denga kelompok tani (Poktan) yang ikut membudidayakan tanaman bawang putih”, ungkapnya.

Kordinator UPT POPT PHP (Pengendali Ofganisme Pengganggu Tanaman dan Pengamat Hama Penyakit) dari Dinas TPH Provsu Sumurung Togatorop menyebut pemakaian Trikozia atau perlakuan benih harus dilakukan sebelum pertanaman dimulai.

“Dan untuk lokasi budidaya bawang putih yang kita lakukan sekarang pertanaman telah sesuai mekanisme yang biasa kita lakukan untuk budidaya tanaman bawang putih dan untuk petani, budidaya bawang putih kami anjurkan agar memakai agen hayati, yakni agen hayati berbentuk pestisida yang tidak mengandung bahan kimia”, sebut Sumurung Togatorop. (Rijhondhy)

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *