Transparan  News
21 Mei 2019

Kepala Kesyahbandaran Belawan Pimpin Apel Gelar Pasukan Arus Mudik 2019

Anto Baho

TransparanNews, JAKARTA – Sugeng Wibowo memeriksa seluruh personil dalam Apel Gelar Pasukan Kesiapan Penyelenggara Angkutan Laut Lebaran tahun 2019 Belawan. Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan melalui Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Belawan (KSU Belawan) Pimpin Apel Gelar Pasukan kesiapan penyelenggaraan angkutan laut lebaran tahun 2019, Senin (20/5/2019) sekira pukul 16.00 Wib. di halaman Terminal Penumpang Bandar Deli jalan Pelabuhan Lama nomor 1 Kecamatan Medan Belawan.

Kepala Kesyahbandaran Utama Belawan Sugeng Wibowo kepada transparannews.com, usai Apel Gelar Pasukan, didampingi Pejabat Utama Otoritas Pelabuhan Utama Belawan mengatakan, falam sambutan Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi yang disampaikan melalui Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Belawan Sugeng Wibowo bahwasanya pelaksanaan Apel ini bertujuan untuk memantapkan koordinasi antar petugas instansi terkait penyedia jasa dan asosiasi yang terlibat langsung dalam penyelenggaraan angkutan laut lebaran sehingga diharapkan masyarakat dapat melakukan perjalanan mudiknya dengan aman, selamat, tertib dan nyaman.

“Selanjutnya untuk itu saya sangat mengapresiasi kepada segenap jajaran Direktorat Jenderal Perhubungan Laut dan semua pihak terkait yang telah mempersiapkan kegiatan apel kesiapan sekaligus pembukaan posko angkutan laut lebaran 2019 M (1440 H) dengan baik,” ucapnya.

Sugeng juga menambahkan, Kementerian Perhubungan telah bertekad untuk terus menjamin penyelenggaraan angkutan lebaran sebagaimana slogan pada tahun 2019 ini yaitu “mudik bareng asik lancar”. Maka dalam rangka untuk mewujudkan angkutan laut lebaran tahun ini yang selamat dan aman diperlukan langkah-langkah untuk mendukung hal tersebut beberapa hal penting yang perlu dilaksanakan antara lain adalah melakukan koordinasi secara intensif dengan seluruh stakeholder dan semua yang terkait melakukan pembagian tugas sesuai dengan peran tanggung jawab masing-masing.

Selain itu, untuk memudahkan dan mempercepat pelayanan dalam penyelenggaraan angkutan laut selama lebaran semua petugas baik di kantor pusat maupun di seluruh di daerah harus terus melakukan inspeksi dan pemantauan pelaksanaan angkutan lebaran kelapangan maupun melalui sistem informasi dan komunikasi semua ini dilakukan dengan tujuan untuk menjamin penyelenggaraan angkutan laut selama lebaran tahun 2019 dapat berjalan dengan aman dan nyaman.Ungkap Sugeng Wibowo

Usai apel, Kepala Kesyahbandaran Utama Belawan, Sugeng Wibowo menerangkan pada angkutan laut lebaran tahun 2019 diperkirakan akan terjadi peningkatan jumlah penumpang sekitar 4,8% dibandingkan dengan realisasi angkutan laut lebaran tahun 2018 yang lalu.

“Dari data yang ada realisasi angkutan laut lebaran tahun 2018 adalah sekitar satu juta delapan ratus lima puluh orang, maka dengan prediksi kenaikan 4,8% diasumsikan tahun ini diperkirakan sebanyak 1900 orang lebih akan menggunakan transportasi laut,” jelas Sugeng kepada awak media.

Dan Sugeng juga berpesan agar segenap jajaran Direktorat Jenderal Perhubungan Laut dapat melakukan koordinasi dan pemanfaatan secara intensif untuk memberikan pelayanan kepada para penumpang dengan sepenuh hati sampai ke tujuan masing-masing.

“Pada masa lebaran tahun 2019 Kementerian Perhubungan kembali menyelenggarakan program mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut, program mudik gratis ini akan melayani trayek Jakarta Semarang pergi pulang yang tentunya merupakan bukti kepedulian Pemerintah dalam hal ini Kementerian Perhubungan Laut yang berpihak pada masyarakat,” lanjutnya.

Seperti diketahui, penyelenggaraan angkutan lebaran yang setiap tahun dilaksanakan, bertujuan memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat yang akan melaksanakan perjalanan mudik untuk merayakan hari raya Idhul Fitri atau lebaran ke kampung halaman. Ada pun slogan mudik pada tahun 2019 yaitu ‘Mudik Bareng Asyik Lancar’.

Sehingga seluruh petugas yang ada, diharapkan selain memantau juga melakukan inspeksi pelaksanaan angkutan lebaran secara langsung di lapangan.

Disisi lain, dalam rangka menjamin keselamatan dan keamanan pelayaran pada masa angkutan laut lebaran juga telah dilakukan uji petik kelaiklautan kapal penumpang di pelabuhan yang melayani angkutan penumpang.

Pada kesempatan tersebut, tampak hadir yaitu perwakilan dari masing masing Instansi dan personil dari Otoritas Pelabuhan Utama Belawan, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Sumut, Polres Pelabuhan Belawan, Yonmarhanlan I Belawan, POMAL Lantamal I Belawan, Ditpolair Polda Sumut, Pelindo I Cabang Belawan dan seluruh stakeholder Pelabuhan Belawan. (Wilmar)

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *