Transparan  News
24 Juli 2019

Mahasiswa KUKERTA UNRI Ubah Kulit Udang Jadi Kaldu Udang

Saut Manullang

TransparanNews, BATANG TUMU – Pada umumnya, masyarakat mengolah udang hanyalah mengambil dagingnya saja dan membuang kulit udang tersebut. Namun pada saat ini, kulit udang bisa dimanfaatkan menjadi bahan masakan yang bernilai ekonomi tinggi. Kulit udang tersebut bisa dijadikan menjadi kaldu udang yang bermanfaat dan bernilai ekonomi tinggi. Dengan hal itu, mahasiswa KUKERTA Desa Batang Tumu mencoba mengajarkan cara pembuatan kaldu udang tersebut kepada masyarakat.

Kegiatan ini dilaksanakan di Kantor Desa bersamaan dengan kegiatan pembuatan nugget udang. Dalam hal ini, semua ibu – ibu PKK hadir termasuk masyarakat yang lain di Desa Batang Tumu. Kegiatan yang berlangsung sekitar pukul 14:00 WIB ini turut dihadiri Ibu Umikalsum selaku ketua ibu – ibu PKK Desa Batang Tumu.

“Kegiatan ini kami lakukan supaya masyarakat tahu, khususnya ibu – ibu PKK bahwa kulit udang yang selama ini dibuang begitu saja dapat dimanfaatkan menjadi sebuah bahan makanan bermutu yaitu kaldu udang,” ujar Mutia Tridamayanti setelah kegiatan demonstrasi nugget udang dan kaldu udang tersebut, Rabu (24/07).

Mutia juga menambahkan bahwa kaldu udang yang mereka demonstrasikan bebas dari bahan pengawet. Dengan tidak adanya bahan pengawet ini, kaldu udang menjadi lebih baik untuk kesehatan ketimbang kaldu yang dijual di pasar.

“Kami harap masyarakat Desa Batang Tumu dapat membuat dan mampu memasarkan kaldu udang tersebut sehingga membuka lapangan kerja baru di desa Batang Tumu,” ujar Wellny fransisca Siagian sebagai salah satu mahasiswa KUKERTA Desa Batang Tumu, Rabu (24/07). (Soe/Red)

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *