Transparan  News
14 Maret 2019

Plt Bupati Labuhanbatu Buka Secara Resmi Musrenbang

Anto Baho

TransparanNews, JAKARTA – Plt Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunte, ST.MT membuka secara resmi musyawarah perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2019 di Ruang Data dan Karya Kantor Bupati, Jalan Gose Gautama Rantau Prapat Kamis (14/03/2019).

Selaku Kepala Daerah Kabupaten Labuhanbatu, H.Andi Suhaimi Dalimunthe, ST. MT menyatakan bahwa Musrenbang Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2019 ini adalah merupakan forum bersama antar pemangku kepentingan (Stakeholder) untuk menghasilkan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) untuk 1 (satu) tahun kedepan yaitu Tahun 2020 dan merupakan pelaksanaan serta penjabaran dari Peraturan Daerah Kabupaten Labuhanbatu Nomor 4 Tahun 2016 Tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2016-2021″, jelas Andi.

Guna mencapai Visi-Misi Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu yang telah ditetapkan dalam Perda RPJM Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2016-2021, yang salah satu dari misi tersebut adalah menciptakan SDM berkualitas yang mampu menguasai dan menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi/IPTEK yang mempunyai integritas, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan dilandasi akhlak mulia sebagai kunci untuk keberhasilan pelaksanaan program yang mandiri guna membentuk karakter masyarakat Labuhanbatu yang mempunyai ciri khas berbudaya Labuhanbatu, ramah, santun dan beretika. Maka, tema dari Musrenbang-RKPD Kabupaten Labuhanbatu ini adalah Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Untuk Percepatan Pembangunan Tahun 2020 yang dilaksanakan dari Tanggal 14-15 Maret 2019 di Ruang Data dan Karya Kantor Bupati Labuhanbatu.

Plt. Bupati Labuhanbatu juga menjelaskan bahwa dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2020, dijabarkan beberapa isu strategis pembangunan yang disesuaikan dengan kondisi perekonomian saat ini, antara lain, Peningkatan Kesehatan, Gizi dan Jaminan Kesehatan Masyarakat, Peningkatan Standarisasi Kualitas dan Mutu pendidikan, Peningkatan SDM guna mendukung E-Government, Penguatan Kinerja Birokrasi dan Tata Kelola Pemerintahan yang bersih dan berwibawa melalui peningkatan disiplin dan kapasitas aparatur.

Kemudian, peningkatan efektivitas masyarakat dan percepatan pembangunan Kabupaten Labuhanbatu, peningkatan kontribusi sektor pertanian, perkebunan, perikanan, pengembangan industri dan ekonomi kreatif serta industri kecil menengah dan UKM untuk meningkatkan daya saing daerah.

Pelaksana Tugas Bupati Labuhanbatu dalam agenda yang sangat penting ini, menyampaikan agar seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) menyusun dan memilah program dan kegiatan prioritas sesuai dengan urusan bidang masing-masing untuk disinkronkan dengan kemampuan pembiayaan yang bersumber dari dana PAD Labuhanbatu, APBD Propinsi Sumatera Utara, Bantuan Keuangan Propinsi Sumatera Utara (BKP) dan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). Kemudian, bermohon kepada Pemerintah Propinsi Sumatera Utara dan Pemerintah Pusat, kiranya Hasil Forum Musrenbang Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2019 ini dapat dibawakan serta direalisasikan dalam Forum Musrenbang Propinsi Sumatera Utara dan Musrenbang Nasional sehingga Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2020 dapat terlaksana mewujudkan Visi dan Misi Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu sebagaimana yang telah ditetapkan dalam Perda RPJM Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2016-2021. Kepada seluruh Peserta Musrenbang Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2019, saya ucapkan selamat bekerja dan selamat berinovasi terimakasih”, tutupnya.

Disisi lain, Gubernur Sumatera Utara melalui Kepala Dinas PP & PA Sumut, Hj. Nurlela, SH.MAP mengatakan bahwa Perubahan RPJPD, RPJMD dan RKPD memiliki makna yang sangat penting dan strategis dimana seluruh pemangku kepentingan dalam rangka penajaman penyelarasan dan klarifikasi terhadap usulan rencana pembangunan sehingga tercapainya kesepakatan terhadap Rancangan RKPD Tahun 2020.

Pendekatan penyusunan RKPD Tahun 2020, dilakukan dengan perkuatan pelaksanaan kebijakan program penguatan yang dilaksanakan dengan pendekatan tematik holistik integratif. Propinsi Sumatera Utara menetapkan 5 (Lima) prioritas pembangunan, yaitu : Pembangunan manusia, Pemerataan nilai tambah ekonomi, Kesempatan kerja, Ketahanan pangan, dan Stabilitas pertahanan dan keamanan.

Sasaran utama didalam membangun Desa dan menata Kota yang menjadi tema di Provinsi Sumatera Utara tahun 2020 yakni “Peningkatan produktivitas dan daya saing pembangunan Sumatera Utara yang bermartabat”, dalam upaya pencapaian tersebut, diperlukan adanya upaya maksimal dalam Pendapatan Daerah melalui Optimalisasi Pendapatan BUMD dan Sumber sumber pembiayaan alternatif lainnya.

Hadir dalam acara Musrenbang Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2019, antara lain, Mewakili Gubernur Sumatera Utara Kadis PP & PA Provinsi Sumatera Utara Hj. Nurlela, SH. M.AP, Dandim 0209 Labuhanbatu Letkol Inf. Santoso, Kapolres Labuhanbatu AKBP Frido Situmorang, S.I.K, Kajari Rantauprapat Setyo Pranoto, SH, MH., Sekretaris Bappeda Sumatera Utara Ir. Munir Tanjung, MM, Sekretaris Daerah Kabupaten Labuhanbatu Ahmad Muflih,S.H. MM, Kepala Bappeda Labuhanbatu Drs. H. Muhammad Ridwan Rambay, M.Si, Para Staf Ahli Bupati Labuhanbatu, Para Asisten Sekdakab Labuhanbatu, Para Kepala OPD, Para Kabag Setdakab Labuhanbatu, Para Camat, Para Kades/Lurah, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Tokoh Agama, Lembaga Swadaya Masyarakat, Lembaga/Instansi, para Jurnalis dan Jajaran Bappeda Kabupaten Labuhanbatu. (Paris)

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *