Transparan  News
7 Juni 2018

Sampai Juni, Penarikan Uang Tunai dari BI Mencapai Rp.110 Triliun

Anto Baho

TransparanNews, JAKARTA – Bank Indonesia menyediakan uang kartal Rp. 188.2 triliun untuk memenuhi kebutuhan uang tunai bagi masyarakat pada Idul Fitri tahun ini.

Deputti Gubernur Bank Indonesia Rosmaya Hadi mengatakan, jumlah itu meningkat 15,3 persen dibandingkan lebaran tahun lalu.

“Biasanya kenaikannya rata-rata hanya 13,5 – 13,9 persen. Tapi tahun ini meningkat 15.3 persen, karena libur Idul Fitri tahun ini lebih panjang dibanding tahun kemarin, jadi untuk antisipasi kebutiuhan uang tunai di masyarakat,” ujar Rosmaya di Gedung BI Jakarta, Rabu (6/6/2018).

Rosmaya mengatakan, sampai tanggal 5 Juni 2018, penarikan uang dari BI sudah mencapai Rp. 110 triliun.

“Dari proyeksi kebutuhan uang kartal sebesar 188,2 triliun, yang sudah terealisasi sebesar 58,4 persen atai sebesar 110 triliun rupiah. Biasanya puncak penarikan¬† uang tunai terjadi di minggu keempat, karena sudah ada Tunjangan Hari Raya, ” papar Rosmaya.

Deputi Gubernur BI itu juga menghimbau masyarakat untuk menggunakan tranasaksi nontunai, serta meminta perbankan nasional mempersiapkan diri terutama kesiapan ATM dan sistem jaringannya untuk.mengantisipasi aktivitas transaksi keuangan selama liburan Idul Fitri.

“Kami sudah menerbitkan surat edaran pada perbankan nasional agar tetap memberikan layanan yang terbaik bagi masyarakat, ”¬† tukas Rosmaya.

Yang menggembirakan, laporan penemuan uang palsu untuk tahun ini semakin menurun. Menurut data BI, sambung Rosmaya, rasio temuan uang palsu untuk saat ini, 3 lembar diantara satu juta lembar uang. (Anwar/Yosep)

Photo : Ilustrasi

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *