Transparan  News
12 Februari 2018

Berkat Petunjuk Korban, Polisi Bekuk Maling Sepeda Motor

Soepianto Naibaho

TransparanNews, BEKASI – Seorang pencuri ditangkap saat mengambil sepeda motor miliknya di lahan parkir Rumah Sakit Ananda, Desa Serang, Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi, Sabtu (10/2/2018) pagi. Pelaku bernama Sutiman, 29 tahun, ditangkap polisi berkat petunjuk Prio Adiarto, 26 tahun, korban kejahatan tersangka.

Kepala Unit Reserse Kriminal Polsek Cikarang Selatan, Iptu Jefri mengatakan, Sutiman sempat dipukul massa saat digelandang ke mobil petugas. Massa kesal dengan ulahnya karena perbuatannya meresakan masyarakat.

“Tersangka mengaku sudah empat kali melakukan pencurian ini,” kata Iptu Jefri, Minggu (11/2/2018) kemarin.

Iptu Jefri mengatakan, modus operasi tersangka adalah memepet kendaraan korban menggunakan sepeda motor miliknya, Yamaha Mio B 4770 FCO. Terakhir kali, ia memepet Prio yang sedang melintas dengan kendaraannya di Jalan Raya Serang-Cibarusah, Desa Serang, Kecamatan Cikarang Selatan, Sabtu (10/2/2018) selepas subuh.

Sebelum Prio mempertanyakan maksudnya, tersangka langsung meminta korban untuk menyerahkan ponsel. Dengan cepat tersangka mengambil ponsel merk Xiaomi Note 4 yang dikeluarkan Prio dari kantong celananya. Bahkan Sutiman kembali memaksa Prio untuk mengeluarkan dompetnya. Dengan leluasa dia menggasak uang tunai Rp 2 juta milik Prio setelah dompetnya dikeluarkan dari kantong celana.

“Korban tidak berani melawan karena fisik tersangka lebih besar dan wajahnya terliat garang,” kata Iptu Jefri.

Setelah harta korban berpindah tangan, pelaku bergegas melarikan diri. Prio yang tidak terima menjadi korban kejahatan, diam-diam membuntuti tersangka. Di depan RS Ananda Serang, rupanya motor Sutiman terjebak kemacetan. Saat situasi ramai itulah Prio meminta kembali harta bendanya yang dicuri Sutiman.

Keduanya lalu terlibat percekcokan, hingga Prio nekat mengambil kunci sepeda motor Sutiman dan melarikan diri.

“Takut diamuk massa, tersangka kabur dengan membawa dua pelat kendaraannya supaya tidak bisa dilacak,” katanya.

Melihat tersangka melarikan diri, Prio kembali ke lokasi percekcokan untuk meminta perlindungan petugas keamanan rumah sakit. Bahkan sepeda motor Sutiman diamankan di lahan parkir rumah sakit, sementara Prio melaporkan hal ini ke Mapolsek Cikarang Selatan.

Anggota yang mendapat laporan korban, langsung ke rumah sakit untuk menunggu Sutiman mengambil sepeda motornya.

Benar saja, tiga jam kemudian Sutiman datang ke lahan parkir dengan tukang ojek untuk mengambil motornya. “Tersangka kami tangkap tanpa perlawanan,” jelasnya.

Kapolsek Cikarang Selatan, Kompol Alin Kuncoro mengatakan, seluruh aksinya dilakukan di wilayah Cikarang Timur, Cikarang Selatan, dan Kabupaten Karawang. Setiap beraksi, Sutiman hanya mengandalkan fisik untuk menakuti korban.

“Sejauh ini dia tidak pernah membawa senjata tajam atau melukai korban. Tersangka cenderung memilih sasaran yang lemah seperti anak remaja dan perempuan,” kata Kapolsek.

Selain menahan tersangka, penyidik juga menyita barang bukti berupa ponsel dan uang tunai Rp 1,98 juta milik korban. Terdapat selisih Rp 20.000 uang korban, karena sudah digunakan Sutiman untuk membeli sebungkus rokok.

Kepada polisi, warga Kampung Jati Kaum RT 01 RW 05 Desa Tanjungsari, Kecamatan Cikarang Utara, ini mengaku nekat mencuri karena terdesak kebutuhan ekonomi. Soalnya selama dua bulan terakhir, dia mengganggur akibat dipecat sebagai buruh di salah satu perusahaan swasta di Cikarang. 

Akibat perbuatannya, Sutiman dijerat Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan yang bakal dihukum penjara di atas lima tahun. (Anto)

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *