Transparan  News
12 Desember 2018

DPR Sesalkan Kasus Pelarian Napi di Cipinang

Anto Baho

TransparanNews, JAKARTA – Anggota Komisi III DPR RI, Ahmad Sahroni menyesalkan adanya oknum staf Rumah Tahanan (Rutan) Kelas I Cipinang inisial Yuh yang diduga membantu pelarian M Said seorang narapidana kasus narkoba.

“Peristiwa ini menjadi tamparan keras bagi Rutan Cipinang karena oknum pegawainya justru membantu terpidana kasus narkoba melarikan diri,” kata Sahroni, Selasa (11/12/2018).

Menurut dia, Yuh yang merupakan pegawai TU telah mencoreng wajah rumah tahanan karena membantu kaburnya Said lantaran latar belakang asmara dan iming-iming uang Rp2 miliar. Maka, pengawasan tidak hanya fokus pada narapidana tapi juga harus dilakukan bagu pegawai lapas.

“Sangat disayangkan profesionalsme pegawai terganggu hubungan asmara yang berbuntut membantu narapidana melarikan diri,” ujarnya.

Oleh karena itu, Sahroni mengatakan dalam proses rekrutmen penerimaan pegawai harus lebih selektif lagi sehingga tidak hanya berdasarkan kemampuan akademik tapi juga mental yang baik. Kemudian, pegawai rutan atau lapas jangan sampai memberi bantuan kepada narapidana dalam berhubungan.

“Misalkan dengan rotasi secara acak sehingga kemungkin komunikasi berpotensi bantuan tak terjadi. Kendala minimnya SDM dengan jumlah napi yang melebihi daya tampung memang menjadi PR yang harus diselesaikan secepatnya,” jelasnya.

Untuk diketahui, Kepala Rutan Oga G Darmawan mengatakan pelarian Said diketahui saat pergantian petugas jaga piket malam ke pagi hari. Dari catatan petugas jaga diketahui satu dari 4.126 napi yang berada di Lapas Kelas 1 Cipinang menghilang.

Kemudian, peran pegawai wanita yang bertugas di bagian Tata Usaha (TU) Rutan Cipinang berinisial Yuh diketahui setelah kamera CCTV yang ada di dalam lingkungan penjara dibuka oleh kepolisian.

“Dari situ terlihat ada mobil Livina yang kami ketahui milik seorang pegawai. Wanita berinisial Yuh inilah yang membantu pelarian tahanan bernama Said melarikan diri,” kata Darmawan. (Beston Purba)

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *