Transparan  News
9 Oktober 2019

Kades Sitolubahal Diduga Sunat Upah Pekerja Pembangunan Saluran

soepianto

TransparanNews, HUMBAHAS – Kepala Desa (Kades) Sitolubahal diduga kuat sunat upah pekerja pembangunan saluran pembuangan air di Dusun 1 yang menggunakan Dana Desa tanpa alasan yang jelas. Akibatnya, para pekerja dirugikan, karena upah yang sudah disepakati sebelumnya tidak dibayarkan.

Pengakuan Poltak Sihombing sebagai Kepala Tukang (Pekerja) mereka hanya menerima Upah Kerja sebesar Rp18.000.000 (Delapan belas juta rupiah) yang seharusnya sebesar Rp.30.618.000 (Tiga puluh juta enam ratus delapan belas ribu rupiah) untuk pekerjaan pembangunan saluran hingga selesai. Namun, hal itu tidak terealisasi setelah usai melaksanakan pekerjaan.

Hal serupa juga terjadi didalam Pembangunan Saluran di Dusun 3 Kades juga diduga kuat melakukan pemotongan upah Pekerja, dimana seharusnya para pekerja menerima Rp.17.156.000, tapi realisasinya para tukang (pekerja) mengaku hanya menerima Rp.10.000.000,-

Berdasarkan pengakuan Kepala Tukang (pekerja) untuk pelaksanaan pembangunan salura tersebut mereka memborong pekerjaan dengan jumlah 5 orang.

Sementara itu, TPK H Sianturi saat ditemui transparannews mengatakan, kurang memahami detail bangunan karena APBDes tidak mereka ketahaui, bahkan TPK tidak mengerti sesuai SOPnya, karena Kades selama ini tidak pernah memaparkan APDes ke sesama Perangkat Desa. (Robinson)

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *