Transparan  News
8 Oktober 2018

LSM FORKORINDO Laporkan SMPN 13 Ke Cyber Pungli

Anto Baho

TransparanNews, KOTA BUMI – LSM FORKORINDO (Forum Komunikasi Rakyat Indonesia) laporkan SMPN 13 Kota Bumi ke Cyber Pungli Tulang Bawang Lampung Utara.

Pelaporan tersebut dilakukan atas dugaan pungutan liar (pungli) yang dilakukan pihak sekolah terhadap orangtua siswa dan mengabaikan larangan-larangan pemerintah.

Adapun jumlah pungutannya, yaitu Rp.450 ribu/siswa. Anehnya, dana yang dipungut dari siswa itu tidak jelas peruntukannya, mengingat banyaknya anggaran yang diterima sekolah dari pemerintah pusat maupun daerah.

Dijelaskan LSM Forkorindo, kuat dugaan pihak berwenang oknum Dinas Pendidikan Lampung Utara atau bagian Manager BOS menerima upeti dari SMP Negeri 13 Kota Bumi, sehingga tidak melakukan tindakan terhadap sekolah tersebut.

Ironinya, saat LSM Forkorindo menyurati, pihak Sekolah malah berupaya memberikan uang suap kepada tim investigasi (Anggota DPC LSM Forkorindo).

Selain itu, dugaan tidak jelasnya pegelolaan keuangan sekolah terlihat dari laporan K7 tahun pelajaran 2017/2018 ke Kementerian Pendidikan Kebudayaan (Kemendikbud) masih nol besar dan tidak terisi alias kosong.

“Hal itu juga menimbulkan pertanyaan besar yang seharusnya pihak sekolah sudah melaporkan, namun kenyataan belum, ada apa yang terjadi di tubuh SMP Negeri 13 Kota Bumi,” ungkap Timbul.

Sementara itu, sampai saat ini, Kepala SMP Negeri 13 Kota Bumi abaikan konfirmasi dan klarifikasi baik dari peran serta masyarakat (LSM) begitu juga dari sosial kotrol (Pers) tidak mau memberikan penjelasan. (Red)

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *