Transparan  News
15 November 2019

Polisi Grebek Salon Operasi Kelopak Mata Ilegal

soepianto

TransparanNews, JAKARTA – Sat Reskrim Polres Metro Jakarta Utara menggerebek salon kecantikan Nana Eyebrow Beauty Indonesia yang menjalankan operasi pembuatan lipatan kelopak mata ilegal di kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK), Penjaringan, Jakarta Utara, Kamis (14/11/2019)

Kapolres Metro Jakarta Utara Kombas Pol Budhi Herdi Susianto mengatakan, salon tersebut bisa melayani lebih dari 10 pasien setiap bulannya. “Sebulan bisa 10 lebih, keuntungan bisa Rp 100 jutaan,” kata Budhi di Mapolres Metro Jakarta Utara, Jumat (14/11/2019).

Dua tersangka yang merupakan warga negara asing (WNA) asal China ini menetapkan tarif antara Rp 6,5 juta hingga Rp 9 juta untuk sekali pembuatan kelopak mata.
Dalam sekali pengerjaan pembuatan lipatan kelopak mata memakan waktu 30 hingga 60 menit.

Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Budhi Herdi Susianto menambahkan, dalam pembuatan lipatan kelopak mata, kedua tersangka tersebut menggunakan obat dan bius yang dikategorikan sebagai tindakan medis.

“Karena tindakan yang dilakukan oleh salon tersebut merupakan tindakan kesehatan di mana diatur dalam Undang-Undang Kesehatan Nomor 30 di mana orang yang melakukan tindakan kesehatan harus mempunyai izin atau sertifikasi kesehatan,” ucap Kapolres Metro Jakut Kombes Pol Budhi Herdi Susianto.

Adapun dua tersangka bernama DN seharusnya tidak diperkenankan bekerja karena ia menggunakan visa keluarga selama tinggal di Indonesia.

Sementara adiknya DS menggunakan visa perdagangan.
Terhadap keduanya dikenakan pasal berlapis yakni Pasal 83 juncto Pasal 64, Pasal 197 juncto Pasal 106 Ayat (1) Pasal 196 juncto Pasal 98 Ayat (2) dan Ayat (3), Pasal 198 juncto Pasal 108 Undang-Undang Kesehatan. (Awr)

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *