Transparan  News
13 Februari 2018

Polisi Ringkus Curanmor Modus Baru dengan Cara “Stut”

Soepianto Naibaho

TransparanNews, JAKARTA – Polsek Pancoran Mas, Kota Depok berhasil membekuk dua pencuri spesialis sepeda motor dengan modus men-stut sepeda motor curiannya. Kedua pelaku adalah G alias Lango, 18 tahun dan AS, 22 tahun. Mereka dibekuk di tempat tinggal mereka di daerah Kecamatan Cipayung, Kota Depok, pada Jumat (9/2/2018) lalu.

Di rumah kontrakan mereka itu, polisi juga menyita dua unit sepeda motor yang merupakan hasil kejahatan mereka yakni Honda Beat warna biru, dan Yamaha Mio warna biru.

Kapolsek Pancoran Mas, Kompol Roni Wowor mengatakan modus pencurian sepeda motor yang mereka lakukan ini adalah terbilang modus baru. Sebab keduanya tidak harus menghidupkan sepeda motor sasaran untuk berhasil digondol. Namun, kata Kapolsek, mereka cukup dengan membuat stang sepeda motor yang terkunci terbuka.

“Setelah itu, sepeda motor curian meski tak hidup, dinaiki salah satu pelaku dan distut atau didorong dengan kaki oleh pelaku lainnya yang mengendarai sepeda motor lain dari belakangnya. Modus pencurian motor seperti ini terbilang baru,” kata Kapolsek kepada wartawan, Senin (12/2/2018) kemarin.

Kapolsek menjelaskan setelah agak jauh dari lokasi kejadian usai distut atau dirasa oleh mereka aman, barulah para pelaku mengutak-atik sepeda motor curian untuk dapat dihidupkan.

“Dari hasil penyelidikan sementara atau dari pengakuan pelaku, mereka sudah melakukan sedikitnya 10 kali pencurian sepeda motor dengan modus baru, stut ini. Semua motor yang dicuri adalah motor yang terparkir di pinggir jalan dan dilakukan rata-rata malam hari,” kata Kapolsek.

Karena aksinya, kata Kapolsek, kedua pelaku akan dijerat Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan, yang ancaman hukumannya hingga 5 tahun penjara.

“Kami masih kembangkan kasus ini, karena diduga ada kawanan mereka lainnya yang juga melakukan pencurian sepeda motor,” kata Kapolsek. (Anto)

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *