Transparan  News
16 Mei 2018

Polres Metro Bekasi Kota Musnahkan Ribuan Botol Miras dari Berbagai Merk

Anto Baho

TransparanNews, BEKASI – Polres Metro Bekasi Kota lakukan pemusnahan hasil Operasi Miras dan Narkoba Periode 4 April Sampai 13 Mei 2018, (16/5) di  Mapolres Metro Bekasi Kota.

Adapun barang bukti yang dimusnahkan, yaitu 5.473 Botol Minuman Keras dari hasil Razia di seluruh Kota Bekasi. Pemusnahan ini disaksikan beberapa Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Pemuda Pancasila Maupun Organisasi Masyarakat (Ormas) lainnya.

Sedangkan jenis Miras yang dimusnahkan dari berbagai merk, yakni Anggur Merah, Anggur Putih, Rajawali, Brandy, Asoka, Intisari, Anker, NewPort, Prost Bear, Anggur Kolesom, Orang Tua, Miras Oplosan (Gingseng) dan lainnya.

Kapolres Metro Bekasi Kota, Kombes Pol Indarto menjelaskan, ada sebanyak 5.743 botol miras dari berbagai merk. Dan Kapolres juga mengatakan bahwa di seluruh Indonesia Polres Metro Bekasi Kota yang terbanyak meringkus tersangka pelaku miras.

 

“Menurut saya 1 bulan kami bisa meringkus sebanyak 5.743 itu sudah sangat luar biasa, cuma Polres Metro Bekasi Kota se Indonesia yang banyak meringkus tersangka Miras”, ungkapnya.

Lanjut Kapolres menjelaskan, untuk penjual sudah ada pasal, begitu juga untuk peminum akan dikenakan hukuman 3 bulan penjara jika mereka meresahkan masyarakat.

“Jika penjual sudah ada pasalnya dan untuk peminum pun dikenakan hukuman 3 bulan penjara jika mereka meresahkan masyarakat. Dan Informasikan kepada kami, pihak berwajib jika masih ada yang menjual minuman keras. Seharusnya saat ini di Kota Bekasi sudah zero, jika masih ada yang menjual akan kami tangkap”, tegasnya.

Dimatakannya, selama  bulan Januari sampai dengan April pihak Polres Metro Bekasi Kota serta jajaran Polsek se-Kota Bekasi telah mengungkap kasus pidana narkoba sebanyak 113 kasus dengan barang bukti, Ganja 380,49 gram (3 Batang Pohon ganja), 
Shabu 65,2 gram, Ekstasi 50 butir, Obat daftar G 10.359 butir, Miras 9000 botol berbagai merk dan Miras Oplosan 400 botol/plastik. Dengan jumlah tersangka 129, 126 laki-laki dan 3 perempuan. Diantaranya 2 tersangka dengan barang bukti Ganja 2 Kilo gram, pemiliknya, Yose (DPO) dan yang kedua Frengky Harianja dengan barang bukti minuman keras 5.743 berbagai Merk serta 400 Botol Miras Oplosan.

Menurut Kapolres Metro Bekasi Kota, adapun dasar hukum pemusnahan barang bukti tersebut berdasarkan Pasal 45 KUHP.

“Ada beberapa jenis barang bukti yang dapat segera dimusnahkan. Caranya disisihkan sebagian sebagai barang bukti dan dibuatkan berita acara. Nantinya itu akan dijadikan pengganti BB yang telah dimusnahkan”, jelasnya. (Anto/Chris)

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *