Transparan  News
8 November 2018

Praktisi Hukum Meminta Penegakan Hukum terhadap Oknum Debt Collector

Anto Baho

TransparanNews, LABUHANBATU – Banyaknya oknum-oknum yang mengaku debt collector kendaraan roda dua maupun roda empat dan kerap berbuat anarkis dijalanan sudah sangat meresahkan warga. Atas tindakan itu, praktisi hukum Labuhanbatu, Halomoan Panjaitan, SH angkat bicara dan menyayangkan atas perbutan dugaan melawan hukum yang di lakukan oleh oknum yang mengaku sebagai Debt Collector yakni berinisial BR dan DD.

Dari informasi dan keterangan yang didapat transparannews dari pemilik Unit Mobil L 300 Mitsubishi Nopol BM 8546 PD Syarifah (Suami dari Idris) warga Dusun Gerak Tani Desa Sei Tambang Kecamatan Bilah Hilir pada tanggal 18 oktober 2018 telah terjadi dugaan pengerusakan kunci kontak mobil tersebut oleh BR dan DD dengan tujuan untuk penarikan karena mobil tersebut telah menunggak angsurannya.

“Kemudian mobil tersebut dititipkan di Polsek Bilah Hilir dalam keadaan rusak kunci kontak, padahal anak kunci ada pada si pemilik mobil, kerena sebelumnya Idris tidak mau memberikan mobilnya dibawa oleh BR dan DD dengan alasan kepada Idris tidak diperlihatkan sertifikat Fidusia maupun penetapan dari pengadilan sehingga terjadi percekcokan antara si pemilik mobil dengan BR dan DD”, terangnya.

Lebih lanjut, menurut Halomoan, SH berdasarkan sejumlah pemberitaan media elektronik, Kapolri Jendral Tito Karnavian telah memerintahkan jajaran Polri untuk menangkap Debt Collector yang meresahkan masyarakat karena aksinya seperti premanisme jalanan yang cukup membahayakan para pengendara. Sedangkan pihak leasing sendiri wajib tunduk kepada hukum Indonesia sesuai Peraturan Menteri Keuangan( (PMK) Nomor 130 /PMK /010/2012 dan Peraturan Kapolri Nomor 8 Tahun 2011 serta telah diatur oleh Fidusia.

Sementara itu Kapolsek Bilah Hilir AKP Hery Prasetyo pada saat di konfirmasi melalui via telpon membenarkan kalau mobil tersebut benar telah dititip di Polsek oleh kedua belah pihak. (Paris)

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *