Transparan  News
6 Februari 2019

Sekretaris DPC Organda Kota Bekasi Resmi Dilaporkan Ke PMJ

Anto Baho

TransparanNews, BEKASI – Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang Organisasi Angkutan Darat (DPC Organda) Kota Bekasi Arihta Taringan (AT) alias Ari Kasro secara resmi dilaporkan Ke Polda Metro Jaya (PMJ), berdasarkan Laporan Polisi Nomor : LP/738/II/2019/PMJ/Dit.Reskrimum, Selasa (5/2) atas dugaan penipuan.

Hal itu dikatakan Ina Sartika Sinulingga didampingi kuasa hukumnya Bernando P Nababan & Patnert kepada transparannews sebagai pelapor sekaligus korban, Rabu (6/2).

Ina Sartika Sinulingga menjelaskan, awalnya terlapor AT meminta sejumlah uang sebesar Rp.21 Juta untuk membantu pembiayaan pelaksanaan Muscab dengan mengiming-imingi (menjanjikan) suara yakni 4 (empat) suara pada pelaksanaan Muscab DPC Organda, dimana, ada 3 kandidat yang maju mencalonkan diri untuk bertarung menjadi ketua. Namun, pada hari dilaksanakan Muscab, suara yang dijanjikan AT tidak terealisasi, bahkan yang memilih tidak ada sama sekali.

Melihat kenyataan itu, Ina (pelapor) menuntut AT (terlapor) untuk mengembalikan dana yang diterimanya. Dan AT menyanggupi dengan menjanjikan mengembalikan uang tersebut pada hari dan tanggal yang disepakati yakni, Jumat tanggal 2 Februari 2019.

“Pada hari yang dijanjikan, Jumat, 2 Februari 2019, Arihta Taringan tidak menepatinya, lalu berjanji lagi mengembalikan pada hari Sabtu, 3 Februari 2019 hingga hari Senin ditunggu, janji tersebut tidak di indahkan, bahkan HP (Handphone) tidak dapat dihubungi (mati). Karena merasa dibohongi dan ditipu, maka saya menyerahkan kasus ini ke kuasa hukum saya. Dan di hari selasa 05 Februari 2019 kami melangkah ke Polda Metro Jaya untuk melaporkan AT.  Dana yang di tipu dengan iming-iming, Arihta Tarigan menjanjikan akan diakomodir 4 suara dalam pemenangan saya. Dimana Arihta sendiri punya satu hak suara mewakili DPC, itupun tidak diberikannya ke saya dan suara saya pun hilang selaku pengurus sebagai Kabid AKAP dan AKDP DPC Organda Kota Bekasi. Anehnya, disela perbincangan kami, Arihta Tarigan ada menyisipkan/mencatut nama Wali Kota. Pernyataan saya ini, saya pertanggung jawabkan sesuai buki rekaman beserta saksi, trimakasih,” jelas Ina Sartika Sinulingga.

Photo : Bukti Laporan Ke Polda Metro Jaya

Sementara itu, Kuasa Hukum Ina Sartika Sinulingga, Bernando P Nababan, SH & Partners kepada transparannews menjelaskan, bahwa kliennya (Ina) secara resmi sudah melaporkan Aritha Tarigan atas dugaan penipuan dan atau penggelapan ke Kepolisian (PMJ).

“Klien kami dijanjikan oleh saudara Aritha Tarigan empat suara dalam Musyawarah Cabang (MUSCAB) IV, ternyata disaat acara Muscab tersebut klien kami tidak mendapatkan suara. Kami selaku kuasa hukum ibu Ina Sartika Sinulingga menilai dengan sengaja di tipu daya atau diiming-imingi oleh saudara Aritha Tarigan agar ibu Ina memberikan sejumlah uang kurang lebih Rp.21 juta. Uang tersebut akan diakomodir oleh Aritha Tarigan kepada pemilik suara yang sah sesuai dengan AD/ART. Menurut keterangan klien kami bahwa sebelum Muscab IV, Aritha Tarigan bertemu dengan Ina Sartika dan team pemenangan dengan tegas dan lugas menyatakan bahwa hanya 3 suara yang terakomodir dari semula 4 suara dan ternyata disaat Muscab IV Organda Kota Bekasi, kilen kami tidak mendapatkan suara sama sekali,” ungkap Bernando.

Dikatakan Bernando, selaku kuasa hukum akan segera menyurati Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Jawa Barat dan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Organda Jakarta, agar menganulir Muscab DPC Organda Kota Bekasi dan meminta membentuk Tim Investigasi untuk mengusut tuntas tindakan Panitia Muscab DPC Organda Kota  Bekasi karena mengabaikan AD/ART.

“Kami selaku kuasa hukum Ina Sartika Sinulingga akan segera menyurati DPD Organda Jawa Barat dan DPP Organda Jakarta agar segera menganulir Muscab Organda IV Kota Bekasi serta membentuk Tim Investigasi utuk mengusut tuntas atas tindakan Panitia Muscab Organda IV Kota Bekasi karena dengan sengaja mengabaikan AD/ART Organda sesuai dengan amanah yang tertuang dan juga kami selaku kuasa hukum meminta Pimpinan DPD Organda Jawa barat dan juga DPP Organda agar segera melakukan pemilihan ulang (Muscab IV Organda Kota Bekasi,” ujar Bernando, Rabu (6/2) di kantor DPC Organda Kota Bekasi.

Sebagaimana diketahui, DPC Organisasi Angkutan Darat (Organda) Kota Bekasi dan Panitia Musyawarah Cabang (Muscab) IV mengadakan rapat terbuka untuk membahas tentang hasil Muscab IV di Kantor Organda Kota Bekasi, Jalan Baru Underpas, Komplek Rusunawa, Bekasi Timur, Kota Bekasi, Rabu (30/1).

Pemilihan Ketua DPC Organda diikuti tiga orang kandidat antara lain, Awin Saputra, Amat Juani dan Ina Sartika. Amat Juani keluar sebagai pemenang setelah mengantongi 5 suara dari 9 suara yang diperebutkan.

Hingga berita ini dilansir, pihak terlapor, yakni Arihta Taringan alias Ari Kasro belum dapat dihubungi untuk dimintai keterangannya. (Anto)

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *