Transparan  News
11 Juli 2018

Dukcapil Adakan Binduk di Permukiman Padat Wilayah Pademangan Timur

Anto Baho

TransparanNews, JAKARTA – Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara melaksanakan operasi Bina Kependudukan (Binduk) di permukiman padat penduduk RW 05 Kelurahan Pademangan Timur, Pademangan. Kegiatan melibatkan sebanyak 95 petugas gabungan dari Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil), Sosial, Satpol PP, TNI dan Kepolisian.

Sekretaris Kota Jakarta Utara, Desi Putra mengatakan, kegiatan menindaklanjuti instruksi gubernur nomor 62 tahun 2018 tentang pengendalian arus mudik dan arus balik dalamrangka hari raya Idul Fitri 1436 H dan Instruksi Kepala Dinas Dukcapil no 19 tahun 2018 tentang pelaksanaan Binduk serentak di lima kota dan kabupaten di wilayah DKI Jakarta.

“Jumlah pendatang baru di Jakarta Utara diperkirakan sekitar 17.811 jiwa atau 25,63 persen dari keseluruhan pendatang baru di Jakarta sebanyak 69.479 jiwa,” katanya, Rabu (11/7).

Terkait pemilihan lokasi pelaksanaan binduk perdana di Jakarta Utara, Desi menjelaskan, kawasan Pademangan Timur disinyalir menjadi sasaran pendatang baru. Selain terdapat sebanyak 56 perusahaan, di wilayah dengan kepadatan penduduk mencapai 32.410 jiwa tersebut dekat dengan stasiun kereta api, pelabuhan laut dan terminal bus.

“Di wilayah ini juga banyak rumah kost, konveksi, rumah makan dan usaha lain. Sehingga perlu dilakukan pendataan agar terkontrol,” ujarnya.

Sedangkan Kepala Dinas Dukcapil DKI Jakarta, Dhany Sukma menjelaskan, kegiatan Binduk tidak hanya mendata dan memberikan layanan bagi pendatang baru. Petugas akan melayani seluruh warga yang membutuhkan layanan administrasi kependudukan.

“Bagi pendatang baru yang belum melaporkan diri kita akan beri SKDS. Warga yang mau mengupdate seperti KK, Akte kelahiran juga kita layani,” terang Kadis Dukcapil DKI Jakarta Dhany Sukma kepada Transparannews. ( anwar ).

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *