Transparan  News
20 Agustus 2019

Pencanangan ‘Jakarta Utara Ramah Bersepeda’, Ajak Masyarakat Kurangi Polutan

soepianto

TransparanNews, JAKARTA – Pemerintah Kota Jakarta Utara mencanangkan program Jakarta Utara Ramah Bersepeda. Hal ini sebagai upaya mengajak masyarakat turut serta dalam pengurangan polutan (bahan penyebab polusi) di DKI Jakarta.

Wakil Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim mengatakan, program Jakarta Utara Ramah Bersepeda bertujuan agar masyarakat dapat membiasakan diri beraktifitas dengan transportasi ramah lingkungan, salah satunya sepeda. Mengurangi penggunaan kendaraan bermotor milik pribadi yang diketahui sebagai penyumbang polusi udara terbesar di DKI Jakarta.

“Bersepeda merupakan salah satu alternatif lain dalam upaya pengurangan polusi udara. Bersepeda juga lebih cepat dan lebih jauh jarak tempuhnya dibanding berjalan kaki. Maka dari itu, kami akan mencanangkan program Jakarta Utara Ramah Bersepeda ini,” kata Ali, saat ditemui di Kantor Walikota Jakarta Utara,” Selasa (20/8).

Dijelaskannya, program yang bekerjasama dengan Institute for Transportation and Development Policy (ITDP) ini akan merujuk pada penyediaan jaringan bersepeda yang terintegrasi dengan sejumlah transportasi publik, kantor pemerintahan, hingga fasilitas umum lainnya.
Tentunya dengan mengedepankan keamanan dan kenyamanan bagi pesepeda saat berada di jalur sepeda, yang rencananya dengan memanfaatkan bahu jalan.

“Jaringan ini guna memberikan rasa aman dan nyaman bagi pesepeda. Dalam artian jalur bersepeda itu harus benar-benar aman terlindungi yang bukan hanya dengan cat garis. Kita sudah rapatkan juga dengan ITDP untuk membuat perencanaan jaringan jalur sepeda ini,” jelasnya.

Sebagai pionir, dia menerangkan Pemerintah Kota Jakarta Utara akan segera menerapkan program tersebut, yang salah satunya dengan menyiapkan sarana parkir sepeda prioritas di kantor walikota, kecamatan, kelurahan maupun kantor pelayanan masyarakat. Hal ini sebagai upaya menggugah aparat sipil negara (ASN), pegawai maupun tamu untuk menggunakan sepeda sebagai alat transportasi sehari-hari.

“Rencana ini akan diawali dari aparat sebagai panutan masyarakat. Di kantor Walikota segera akan kita buat parkir sepeda prioritas yang lokasinya dekat lobi. Jadi untuk aktifitas yang jaraknya dekat bisa menggunakan sepeda,” tutupnya. (ysp/awr)

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *