Transparan  News
14 Mei 2018

Pihak Ancol Rencanakan Empat Wahana Baru di Dufan

Anto Baho

TransparanNews, JAKARTA – PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk sebagai pengelola kawasan wisata terpadu pesisir Taman Impian Jaya Ancol berencana menghadirkan sedikitnya 4 wahana baru di akhir tahun 2018 dan awal tahun 2019.

Wahana yang berlokasi di dalam kawasan wahana Dunia Fantasi (Dufan) tersebut yakni: Star Shape, Dream Station, Wave Swinger, New 4D Theater.

Wakil Direktur Rekreasi, Teuku Sahur Syahali mengatakan pihaknya tengah mempersiapkan empat wahana yang akan dapat dinikmati masyarakat pengunjung buatan Swiss dan Jerman.

“4 kawasan wahana ini akan kita kembangkan dengan penambahan lahan seluas 3 hektar nanti termasuk ada gerbang baru masuk ke dalam Dufan di samping Ecovention,” ujar Teuku, Senin (14/5).

Ke-empat wahana ini disebutkannya dalam proses pembangunan dan akan di launching pada awal tahun 2019. Pihaknya akan menggandeng Dinas Pariwisata Pemprov DKI Jakarta untuk promosi rekreasi pariwisata bersama sejumlah destinasi wisata lainnya di ibukota.

“Terkait keamanan kawasan selain bekerja sama dengan TNI dan Polri kami juga memiliki pelatihan SOP dimulai dari pekerja di lapangan untuk melakukan pencegahan dan penanggulangan gangguan keamanan. CCTV juga kita tambah dari sebelumnya 200 kamera menjadi 300 kamera,” tambahnya.

Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol, Paul Tehusijarana mengatakan sumber pendapatan utama perusahaan sebesar Rp 1,24 Triliun masih disumbang 70% dari Pintu Gerbang dan Dunia Fantasi.

“Tahun ini kita menargetkan penambahan jumlah pengunjung 6% dibandingkan 18,7 juta pengunjung tahun lalu (2017), sedangkan untuk pendapatan Perseroan ditargetkan meningkat 10 persen,” kata Paul.

Saat bulan puasa kecenderungan jumlah pengunjung ke kawasan wisata terpadu pesisir Taman Impian Jaya Ancol berkurang. Untuk itu pihak Ancol menggelar promo khusus bagi rombongan dengan harga diskon hingga separuh harga.

Pihak Ancol saat ini juga tengah mengembangkan Pulau Bidadari dengan konsep The Soul Of Batavia yang menggabungkan kebudayaan Betawi, Tiongkok hingga Hindia Belanda.

Revitalisasi cottage di Putri Duyung resort telah dilakukan 80 unit, 10 unit tahun ini dari total keseluruhan 135 unit, dan akan dibuat pula konsep high rise building.

Selain itu pengembangan berbagai wahana lainnya dilakukan seperti revitalisasi Pasar Seni Ancol, penambahan biota laut Sea World Ancol, penambahan jalur kereta wisata Sato-Sato, pengembangan Cafe Hoax, serta pembangunan lini properti Coasta Villa 3 dan Ocean Breeze.

Destinasi kawasan wisata terpadu pesisir Taman Impian Jaya Ancol juga direncanakan akan dilintasi oleh jalur MRT (Masa Rapid Transit) tahap kedua sehingga diharapkan dapat menambah signifikan jumlah pengunjung dengan semakin mudahnya lokasi diakses menggunakan transportasi massal. 

Sejumlah wahana rekreasi, properti, maupun resort tengah dikembangkan oleh PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk sebagai pengembang kawasan wisata terpadu pesisir Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara saat publik ekspose, Senin (14/5) siang.
(anwar )

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *