Transparan  News
10 Juli 2019

Saefullah Menyarankan UNHCR Surati Pemprov DKI Jika Kesulitan Tempat Untuk Pencari Suaka

Saut Manullang

TransparanNews, JAKARTA – Plh (pelaksana harian) Gubernur DKI Jakarta, Saefullah menyarankan agar UNHCR bersurat kepada Pemprov DKI jika kesulitan mencari tempat untuk para pencari suaka di Kebon Sirih, Jakarta Pusat. Jika UNHCR bersurat, Pemprov siap membantu mencarikan tempat.

“Nanti kalau memang UNHCR kesulitan dalam mencari tempat, ya UNHCR harus bikin surat ke Pemprov DKI, kan ini kan bukan persoalan sederhana. Ini bukan persoalan warga DKI, kalau warga DKI, itu begitu kejadian juga kita respons. Kalau bencana, 3 jam langsung kita kasih makan, dan dikasih tenda,” ujar Saefullah di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (10/7/2019).

Dia mengatakan total keseluruhan pencari suaka di trotoar Kebon Sirih mencapai 260 orang. Saefullah juga mengatakan jika UNHCR meminta bantuan, Pemprov akan menyiapkan tempat di Kalideres, Jakarta Barat, dekat dengan pencari suaka yang lainnya tinggal.

“Kita dekatkan dengan pusat penampungan mereka di Kalideres. Supaya koordinasinya gampang,” katanya.

Terkait kesehatan para pencari suaka, Saefullah mengaku Pemprov DKI kemarin malam (9/7) telah mengecek kesehatan mereka. Kesehatan yang diperiksa seperti tes darah hingga pemerian obat-obatan.

“Kesehatan kemarin, ngecek. Yang jelas diperiksa, sama lah dengan pemeriksaan SOP, pertama diperiksa tekanan darah, denyut jantung. Kan begitu, terus ada keluhan apa obatnya disesuaikan,” jelasnya.

Sementara itu, menanggapi rencana Ketua DPRD Prasetio Edi Marsudi yang memiliki rencana alternatif untuk memberikan tinggal pencari suaka di panti sosial, Saefullah mengatakan Pemprov perlu mengkaji itu.

“Ya dikaji dulu jumlah mereka berapa, daya tampung kita berapa, kalau salah-salah urus, kita disalahin internasional lagi,” kata Saefullah. (awr/ dnu)

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *