Transparan  News
18 Maret 2019

Pemerintah Kabupaten Muara Enim Adakan Pertemuan Bersama PT. KAI Untuk Perluasan Taman Adipura

Saut Manullang

TransparanNews, MUARA ENIM – Bupati Muara Enim Ir Ahmad Yani MM mengelar Audiensi dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI Persero), pertemuan berlangsung diruang rapat direktur komersial kantor PT KAI jalan perintis kemerdekaan No. 1 Bandung, Kamis (14/3/2019).

Tujuan dari kunjungan kerja rombongan Bupati Muara Enim ke kantor pusat PT.KAI di Bandung tersebut adalah untuk menjalin kerjasama perihal rencana pemakaian aset tanah milik PT. KAI oleh Pemkab Muara Enim untuk perluasan Taman Adipura Kota Muara Enim yang juga akan di bangun Taman Ruang Terbuka Hijau (RTH).

Bupati Muaraenim, Ir. Ahmad Yani, MM didampingi Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Muara Enim , Ramlan Suryadi, ST, MT, Kepala Dinas Perumahan Dan Kawasan Permukiman (Perkim) Muaraenim , Ir. Ahmad Yani Herianto, MM ,dan diterima langsung oleh Pihak PT. KAI Persero yang di wakili oleh Vice President Komersil PT. KAI Persero pak Agus.

Dalam pertemuan ini, Bupati Muaraenim , Ir. Ahmad Yani, MM bersama Vice President Komersil PT. KAI Persero, Agus, menyambut baik adanya pembicaraan ini, dan mengharapkan proyek ini agar segera terealisasi demi keindahan Taman Adipura Muaraenim dan menarik para wisatawan untuk berkunjung ke kota Muaraenim

“Melalui audiensi ini, Taman Adipura Muaraenim akan semakin menjadi tempat yang nyaman dikunjungi wisatawan baik dari dalam maupun luar Muaraenim yang ingin melepas penat dan mencari nuasa hiburan wisata yang berbeda dari tempat lain, ” Ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perkim Muaraenim , Ir. Ahmad Yani Herianto, MM, mengharapkan hasil dari MOU ini, di harapkan PT. KAI melalui CSR juga bisa ambil bagian dalam membagun dan menata taman yang akan di bangun RTH tersebut demi keindahan Kota Muaraenim.

Beliau mengulas bahwa adanya audiensi ini berawal dari pertemuan antara Pemkab Muaraenim dengan PT. KAI (Persero) sejak tanggal 4 September 2014 lalu, perihal pembahasan permohonan pemanfaatan lahan PT. KAI (Persero) di seputaran Kawasan Kolam Retensi Muaraenim .

Kemudian di tindak lanjuti dengan Surat Bupati Muaraenim nomor : 600/51/DISPERKIM-IV/2019 tanggal 31 Januari 2019 yang telah mengirimkan Permohonan Audiensi kepada PT. KAI (Persero), Sebagai bahan persiapan audiensi, telah dilakukan peninjauan lapangan antara Pemkab Muaraenim bersama pihak PT. KAI (Persero) pada tanggal 6 Maret 2019 di lahan PT. KAI di dekat Kawasan Taman Adipura Muaraenim.

Dan hasil peninjauan dilapangan terdapat aset milik PT. KAI (Persero) seluas ± 4000 m2 lintas aktif dengan jarak kurang dari 6 m dari as rel yang rencana akan digunakan sebagai Ruang Terbuka Hijau (RTH) dimana eksisting terdapat 1 (satu) bangunan liar atas nama Hasibuan yang saat ini digunakan untuk bengkel ban dan tempat tinggal (tanpa ikatan perjanjian kerja
sama).

“Lahan PT.KAI seluas 4000M2 tersebut rencananya akan di bangun (RTH) Taman bermain, tempat parkir dan ruang terbuka hijau, “Katanya.

Lebih Lanjut, kepala Bappeda Muaraenim H.Ramlan Suryadi.ST menjelaskan “Lanjutan dari realisasi MOU akan di laksanakan di tahun 2019 ini dan realisasi pembangunan akan di lakukan di tahun 2020,” Pungkasnya.(Tim/herly).

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *