Transparan  News
10 Juli 2018

Desa Sifaoroasi Optimalkan Dana Desa untuk Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat

Anto Baho

TransparanNews, NIAS SELATAN -Peraturan tentang alokasi prioritas penggunaan dana desa untuk tahun 2018 sudah diterbitkan oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, Dan Transmigrasi Republik Indonesia (Kemendesa). Peraturan Menteri Kemendesa Nomor 19 Tahun 2017 (Permendes 19 Tahun 2017 ) ini mengatur secara detail tentang prioritas dana desa tahun 2018.

Penetapan prioritas penggunaan dana Desa ini bertujuan sebagai pedoman dan acuan bagi penyelenggaraan kewenangan, acuan untuk Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota dalam menyusun pedoman teknis penggunaan Dana Desa dan acuan bagi Pemerintah Daerah Pusat dalam pemantauan dan evaluasi pelaksanaan penggunaan Dana Desa.

Mengacu pada peraturan tersebut, Desa Sifaoroasi, Kecamatan Huruna yang berada di Kabupaten Nias Selatan mengupayakan serta mengoptimalkan pelaksanaan Dana Desa Tahun 2018 dengan prioritas Penggunaan Dana Desa untuk membiayai pelaksanaan program dan kegiatan di bidang pembangunan Desa dan pemberdayaan masyarakat Desa agar dapat dinikmati bersama.

Hal itu dikatakan Pj Kepala Desa Sifaoroasi, Arosokhi Halawa kepada transparannews.com saat ditemui di Kantor Desa pada tanggal 29 Mei 2018 bulan lalu.

Didampingi Perangkat Desa dan Sekretaris, Arosokhi mengatakan, prioritas penggunaan Dana Desa diutamakan untuk membiayai pelaksanaan program dan kegiatan yang bersifat lintas bidang.

“Walapun di tahun 2017 ada beberapa laporan mengatakan, Dana Desa tidak berjalan semestinya. Tapi isu itu, hanya karena sentimen pribadi seseorang.¬†Namun setelah kita beri pemahaman terhadap pihak-pihak yang berkompoten, baru mereka mengerti. Sehingga, atas penjelasan yang kita berikan, BPD melakukan rapat sampai 3 kali berturut turut baru masyarakat memahami persoalan yang sesungguhnya,” tutur Arosokhi Halawa.

Kades juga menjelaskan, bahwa Pemerintah Desa telah meminta kepada Pemerintah Kabupaten Nias Selatan percepatan pencairan Dana Desa Tahun 2018. Tujuannya agar pelaksanaan kegiatan yang menggunakan Dana Desa tidak terjadi keterlambatan.

“Kami minta kepada Pemerintah Nias Selatan agar di percepat pencairan dana desa tahun 2018. Ini supaya pelaksanaan dana desa tidak ada keterlambantan dapam mengerjakan kegiatan. Dan juga bisa secepatnya di pertanggungjawabkan ke Pemerintah Daerah pelaksanaan kegiatan dana desa tersebut”, ungkapnya. (sabar)

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *