Transparan  News
14 Mei 2019

Diduga Sekolah Lalai, Ardhi Batal Ikut UNBK

Anto Baho

TransparanNews, NIAS UTARA – Sudah Jatuh Ketimpa Tangga” ungkapan ini menggambarkan derita Ardhi Mendrofa pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Cahaya Kecamatan Lahewa Kabupaten Nias Utara. Dimana, sebelumnya Ardhi sudah bertekad untuk mengabdi terhadap negara dengan bercita-cita melamar ke Kepolisian. Namun, harapan itu tidak akan pernah bisa kesampaian, karena diduga kuat pihak sekolah lalai saat input data dapodik ke Dinas Pendidikan sehingga Ardhi dengan terpaksa tidak dapat mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2019 karena namanya tidak tercantum sebagai peserta UNBK.

Kepada transparannews.com, Senin (14/5), orangtua Ardhi Mendrofa siswa SMK Cahaya jurusan TKJ ini menuturkan, bahwa selama anaknya sekolah (SMK Cahaya) tidak pernah mendapatkan surat teguran atau surat panggilan dari pihak sekolah. Selain itu, bahwa Ardhi sudah diurus masuk dalam Program Indonesia Pintar (PIP), namun dananya tidak pernah sampai atau diterima.

Photo : Amirudin Mendrofa, Orangtua Ardhi Mendrofa

“Sebagai orang tua tidak pernah kami dengar ada masalah atau surat panggilan tentang keburukan anak kami, dana PIP sudah kami urus dan datanya sudah kami serahkan namun anak kami tidak pernah mendapatkannya dari kelas 1 sampai dengan kelas 3. Anak kami Ardhi Mendrofa menempati kelas XII  jurusan TKJ menyampaikan kepada kami   bahwa dari tanggal 11 Maret 2019 telah mengikuti Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) 2019, namun saat UNBK 2019 tanggal 25 Maret 2019 belum mengikuti dikarenakan nama Ardhi Mendrofa belum terdaftar di Dapodik,” tutur orangtua Ardhi, Amirudin Mendrofa.

Lebih lanjut orang tua Ardhi menuturkan, sudah beberapakali Kepala Sekolah menjanjikan  kepada anaknya bahwa tanggal 15 s/d 16 April 2019 untuk mengikuti ujian susulan, setelah Ardhi Mendrofa datang pada jadwal yang ditentukan, Ardhi tidak bisa juga mengikuti UNBK tersebut. Selanjutnya Kepala Sekolah menjanjikan lagi, tapi tidak  ditentukan jadwalnya, akhirnya sampai awal bulan Mei 2019 belum juga ada panggilan untuk mengikuti ujian susulan yang dijanjikan Kepala Sekolah.

“Akhirnya kami sebagai orang tua dari Ardhi Mendrofa mendatangi Sekolah dan menuntut janji Kepala Sekolah dan solusi yang diberikan, anak kami Ardhi Mendrofa harus ngangur setahun dan mengikuti UNBK tahun depan dan tidak dibebankan biaya sekolah,” jelas Amirudin.

Sementara itu, Kepala SMK Cahaya Oberlin Laoli, SPd juga menjabat sebagai Kepala SMA Cahaya saat ditemui Wartawan dan beberapa LSM, Senin (13/5) mengatakan, bahwa pihaknya sudah berusaha dan mengirimkan data siswa (Ardhi) ke Kantor Cabang Dinas (Kacabdis) Pendidikan Gunungsitoli, namun upaya tersebut belum ada hasilnya.

“Kami sudah berusaha dan  datanya telah kami kirimkan ke Kacabdis Pendidikan Kota Gunungsitoli, namun sampai sekarang tidak bisa,” ungkap Oberlin Laoli menjawab pertanyaan wartawan terkait kelalaian sekolah terhadap Ardhi.

Pada saat itu juga Kepala Sekolah ini mengatakan, bahwa siswa yang bernama Ardhi Mendrofa  kelas XII dan jurusan TKJ,  anaknya baik dan rajin ke Sekolah.

“Namun sebelum ujian USBN kami telah umumkan saat apel di sekolah bagi siswa-siswi yang belum terdaftar namanya di dapodik agar segera mendaftarkan datanya, saat itu ada (2) dua orang siswa yang satunya sudah mendaftar ulang namanya sedangkan yang bernama Ardhi Mendrofa belum mendaftar ulang akibatnya siswa tersebut tidak dapat mengikuti ujian UNBK 2019 sampai sekarang ini,” ucap Kepala Sekolah tanpa rasa bersalah dan hanya mengatakan “solusinya yah siswa tersebut harus ngangur satu tahun sedangkan biaya tidak dibebankan kepada siswa tersebut,” lanjutnya.

Kepala Seksie Ketenagaan SMK Kacabdis Pendidikan Kota Gunungsitoli Amran Zendrato, S. AP. MM saat dihubungi melalui via seluler menyampaikan, bahwa persoalan itu memang sudah diterima dan sudah dibuatkan Berita Acara Pemeriksaan (BAP).

Lebih lanjut ia sampaikan bahwa dalam hal ini, 90 persen kesalahan ada pada sekolah dan tentang sanksi, biarlah pimpinan yang memutuskan.

(Wardiyansyah War/W-1) 

 

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *