Transparan  News
14 Februari 2020

Direktur LPK-Anak Indonesia : Terkait Korban Bullying, Kepsek dan Guru Harus Bertanggungjawab

soepianto

TransparanNews, JAKARTA – Direktur Lembaga Perlindungan Kejahatan Terhadap Anak Indonesia (LPK- ANAK INDONESIA) Muslim Jaya Butarbutar, SH. MH meminta perhatian Menteri Pendidikan Nasional Nadiem Makarim terkait maraknya kasus kasus bullying di Indonesia, bahkan sampai ada yang berakhir bunuh diri.

“Ada apa dengan sistim pendidikan kita, ada apa dengan pengawasan sekolah, terutama Kepala Sekolah dan guru-guru wajib memberikan sanksi yang tegas kepada pelaku bullying,” tegas Muslim JB kepada transparannews.com, Jumat (14/2) di Jakarta menyikapi yang terjadi baru-baru ini.

Muslim JB juga meminta kepada Nadiem Makarim agar Kepala Sekolah yang muridnya melakukan bullying segera diganti atau dipecat. Karena korban bullying secara psikologis kehilangan kepercayaan diri yang luar biasa. “Ini harus menjadi perhatian Nadiem Makarim sebagai Menteri Pendidikan,” ucap pengacara kondang ini.

Selain itu, pengacara ini juga mengatakan, Kementerian Pendidikan harus turun tangan segera membuat regulasi yang formal tidak sekedar himbauan yang melarang murid sekolah melakukan bullying terhadap temannya. Jika ada, maka sanksinya ada pemecatan. “Sikap tegas harus dilakukan termasuk Kepala Sekolah atau Guru yang lalai terdapat kasus bullying disekolahnya wajib dimutasi atau diberhentikan dari Kepala Sekolah atau guru karena menyangkut tanggung jawab Kepala Sekolah,” ungkapnya.

Lanjutnya, bahwa Lembaga Perlindungan Kejahatan terhadap Anak Indonesia sangat prihatin atas kasus kasus bullying yang berakhir dengan bunuh diri. “Ini kesalahan kita semua, Negara harus hadir untuk mengatasi ini, jika tidak akan muncul generasi-generasi yang tidak percaya diri akibat dari korban bullying,” ucap Direktur LPK-Anak Indonesia ini. (Anto)

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *