Transparan  News
14 September 2018

Kepala BPBD Mengatakan Defisit, Kepala BPKAD Bantah

Anto Baho

TransparanNews, BEKASI –  Gonjang ganjing defisit anggaran Kota Bekasi ditanggapi dengan berbagai pendapat. Isu defisit muncul, adanya beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) belum membayar pihak ketiga (rekanan) atas kegiatan yang sudah terealisasi dan dikerjakan seratus persen.

Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Haryono bahwa saat ini Kota Bekasi mengalami defisit sehingga anggaran tidak tersedia. Hal itu dikatakan saat transparannews.com mencoba menanyakan anggaran untuk publikasi.

“Ngak ada dana pak, saya nga jamin pak, sudah saya bilangan nga ada anggarannya, kan sudah di informasikan kalau anggaran lagi defisit. Kalau mau info lebih lanjut ke Kasie saya aja, pak Edy Sukamto, Kasie Rehabilitasi Rekonstruksi, trims,” jawab Haryono, Jumat, (14/9).

Menanggapi hal itu, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Supandi Budiman membantah apa yang disampaikan Kepala BPBD dengan mengatakan bahwa Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Bekasi 2018 tidak defisit, karena proses anggaran masih berjalan.

“Kan statemen saya sudah jelas kebeberapa media, bahwa APBD 2018 tidak defisit karena proses anggaran masih berjalan,” ungkap Supandi.

Mengutip pemberitaan sebelumnya, pernyataan mantan Kepala Badan Perencanaan Daerah, bahwa polemik tentang defisit APBD yang sedang marak, saya sampaikan bahwa itu adalah potensi akan terjadi defisit. Karena penetapan defisit atau tidak harus melalui persetujuan politik. Potensi itu terbaca dari hasil evaluasi APBD baik evaluasi awal tahun, triwulan, maupun pertengahan tahun berjalan.

“Dalam setiap evaluasi tim TAPD (Tim Anggaran Pendapatan Daerah)
menyampaikan laporan realisasi dan PROYEKSI, baik pendapatan, belanja maupun pembiayaan. Dari
hasil evaluasi itulah maka proyeksi sampai ahir tahun
menjadi bahan penetapan APBDP. Jadi apabila ada pernyataan yang disampaikan di luar TAPD itu ga bisa dijadikan acuan penetapan APBDP akan defisit atau tidak karena diluar BA yang sudah di tandatangani TAPD”. (Chris/Anto)

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *