Transparan  News
28 Juli 2020

Menemukan Solusi Polemik Komisaris dan Direksi “Titipan”

soepianto

TransparanNews, JAKARTA – Menurut Pakar Komunikasi Politik Universitas Pelita Harapan (UPH) Emrus Sihombing, saatnya ruang publik bicara menemukan solusi polemik tentang komisaris dan direksi “titipan” di BUMN. Karena itu, segera, kalau boleh hari ini, melakukan perjumpaan empat mata antara Adian Napitupulu (Adian) dan Erick Thohir (Erick) dengan kebesaran hati mengkomunikasikan satu dengan lain terkait polemik direksi dan komisaris titipan di BUMN kita.

Kata Emrus, pada pertemuan ini, bisa saja dilakukan pertukaran kepentingan menuju kompromi bersama, sepanjang tidak bertentangan dengan hukum positif. Itu lazim terjadi jika ada perbedaan kepentingan antar aktor sosial (politik).

“Prediksi yang saya kemukakan pekan lalu dibelasan link berita sudah mendekati teruji, bahwa polemik komisaris dan direksi “titipan” di BUMN tampaknya semakin liar. Wacana terakhir yang saya baca, ada berita yang memuat, beredar gambar yang bertuliskan agen penitipan jabatan di BUMN. Dalam gambar itu ada foto seseorang. Gambar tersebut pasti bertujuan memperkeruh suasana dan agar terjadi kegaduhan di ruang publik. Bisa saja yang membuatnya pihak ketiga yang ingin “memancing ikan di air keruh”. Ini harus segera dihentikan dan tidak boleh dibiarkan,” paparnya.

Tutur Komunikolog ini, jika terjadi jalan buntu dalam perjumpaan atau malah keduanya keras hati sehingga tidak ada pertemuan, maka dari aspek komunikasi, menurutnya dapat segera dilakukan komunikasi intensif antara dua tokoh. Satu dari tokoh yang sangat dihormati oleh Erick sebagai menteri BUMN. Satu tokoh yang sangat disegani oleh Adian sebagai politisi partai.

Pertemuan kedua tokoh ini sangat penting untuk “membawa” Adian dan Erick ke “meja perundingan” untuk menemukan solusi dari polemik tersebut.

“Pekan lalu, juga saya memberi solusi. Untuk lebih jelasnya, salah satu yang memuatnya tersaji pada link berita bagian akhir release ini. Saya mengajak para pihak dan khalayak luas berkenan mengkliknya dan membacaya,” tandasnya. (Anto)

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *