Transparan  News
11 Januari 2018

Partai Pengusung Petahana Tolak Koalisi PDIP

Saut Manullang

TransparanNews, BEKASI SELATAN – Drama menarik terjadi dalam pemilihan Wali Kota Bekasi. DPC PDI Perjuangan yang sebelumnya mendukung pasangan Sumiyati Mochtar Mohamad – Lilik Harsoyo tiba-tiba membelok arah di hari akhir pendaftaran ke KPUD Kota Bekasi. DPC PDI Perjuangan justru mendukung pasangan Rahmat Effendi – Tri Adhianto sebagai Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bekasi periode 2018-2023.

Karena peliknya permasalahan yang ada, PDI Perjuangan menggelar rapat internal dan memutuskan mendukung Petahana. Keputusan itu berdasarkan rapat yang digelar oleh DPC PDI Perjuangan Kota Bekasi, pada Rabu malam (10/1/2018), setelah dikembalikannya rekomendasi Sumiyati Mochtar Mohamad dan Lilik Hariyoso ke DPP PDI Perjuangan.

Akibatnya, dukungan yang diberikan oleh PDI Perjuangan ke pasangan Rahmat Effendi – Tri Adhianto menuai pro dan kontra. Pasalnya, dalam surat pernyataan kesesuaian visi misi dan program pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota model B,4-KWK Parpol, partai berlambang moncong putih tersebut tidak tercantum.

Pertanyaan tersebut pun diperkuat oleh Ketua Tim Pemenangan Koalisi Bekasi Patriot, Sholihin yang menolak perombakan surat pernyataan kesesuaian visi misi dan program pasangan atau koalisi.

“Kalau dia (PDI Perjuangan,red) masuk, kita harus merombak lagi, kita tidak mau ada celah dan permasalahan ke depannya,” kata Gus Shol sapaan akrab Sholihin yang juga Ketua DPC PPP Kota Bekasi saat dihubungi melalui telepon selulernya, Kamis (11/1/2018).

Penolakan perombakan koalisi tersebut diperkuat dengan adanya salah satu ketua partai yang sedang melaksanakan Ibadah Umrah. Karena, kata dia, terkait kendala teknis yang sudah disiapkan, ‘Tim Pemenangan dan Tim Koalisi’ sudah selesai.

“Kalau ada perbaikan nanti rombak kembali dari awal, dan memakan banyak waktu, nanti akan ada stempel lagi dan tanda tangan lagi,” keluhnya.

Dijelaskannya, bahwa ‘Koalisi Patriot Bersatu’ ini sudah selesai, dan tidak ada perbaikan lagi. Diakui Gus Shol sebagai Ketua Tim Pemenangan Koalisi Patriot Bersatu bahwa PDI Perjuangan selama ini tidak ada komunikasi terkait dukungannya ke Petahana.

“Saya kaget, kirain saya PDI Perjuangan ingin mendaftarkan sendiri,” heran dia. Seraya menambahkan bahwa, dirinya bukan menolak, tapi bicara last minutes.(Chris)

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *