Transparan  News
30 Maret 2020

Polres Metro Jakut Berhasil Menangkap Tiga Tersangka Penyebar Video Hoax Pasien Covid-19

Saut Manullang

TransparanNews, JAKARTA – Polres Metro Jakarta Utara berhasil menangkap tiga tersangka penyebar hoax adanya pasien Covid-19 di kawasan Food Street, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan, Video hoax itu bersumber dari gambar yang diambil salah satu tersangka berinisial MI saat kegiatan penyemprotan disinfektan oleh Pemerintah Kota Jakarta Utara, Polisi, dan TNI di lokasi tersebut.

“Pada saat itu ada seseorang di atas ojek online memvideokan kegiatan tersebut, kemudian memposting di media sosial isinya bahwa dekat cafe tersebut terdapat orang-orang terkena virus corona,” kata Yusri di Polres Metro Jakarta Utara, Senin (30/3/2020).

Dalam video tersebut, MI menyebutkan bahwa semua orang yang hadir di lokasi itu akan diperiksa apakah mereka terpapar Covid-19 atau tidak.Video itu kemudian diunggah MI ke media sosial. Lalu, tersangka lainnya berinisial JAT menyebarluaskannya secara masif ke berbagai media sosial.

Yusri mengatakan, konten video tersebut dianggap meresahkan warga di tengah pandemi Covid-19 yang sedang dihadapi Bangsa Indonesia.Padahal, kegiatan itu adalah penyemprotan cairan disinfektan yang merupakan upaya preventif penyebaran virus corona tipe (SARS-COV-2) yang menyebabkan Covid-19 itu.

Awalnya polisi menangkap tersangka H yang merupakan pengemudi ojek online dalam video itu pada Minggu kemarin. H ditangkap di kawasan Cipayung, Jakarta Timur.Polisi lalu mengembangkan pencarian dan menangkap MI dan JAT di kawasan Kelapa Gading.

“Rata-rata saat ditangkap pasti motifnya cuma iseng saja. Hampir rata-rata iseng,” ucap Yusri.

Ketiga tersangka kini dikenakan Pasal 28 dan 45 Undang-Undang Nomor 11 Tentang ITE dengan ancaman hukuman maksimal 10 tahun penjara.”tutur Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus.

Ali Maulana Hakim selaku ketua gugus tugas penanganan penyebaran Virus Covid-19. Mengucapkan, saya banyak terima kasih atas apa yang dilakukan oleh jajaran Polres Metro Jakarta Utara yang telah mengamankan pelaku penyebar berita bohong/hoax, dimana yang terjadi pada saat itu adalah kita sedang melakukan penyemprotan Disinfektan diwilayah Kelapa Gading Timur gabungan antara Pemkot, TNI dan Polri dengan tujuan sebagai kegiatan rutin sebagai pencegahan penyebaran COVID-19.”tegas Ali. (awr)

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *