Transparan  News
12 Februari 2018

Ruddy Gandakusumah Plt Wali Kota Bekasi ?

Saut Manullang

TransparanNews, BEKASI – Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Jawa Barat Ruddy Gandakusumah akan menjadi Plt Wali Kota Bekasi untuk menggantikan tugas Walikota Dr.Rahmat Effendi yang memasuki masa  cuti (15/2/2018) untuk mengikuti pilkada serentak 2018.

Sebuah sumber yang sangat dipercaya dilingkungan pemkot mengatakan, bahwa Ruddy Gandakusumah dipastikan akan segera mendapat tugas barunya di Kota Bekasi sebagai Plt Walikota.

Pemerhati Kebijakan dan Pelayan Publik, Bekasi, Didit Susilo mengatakan, sebetulnya masa jabatan walikota akan berakhir per 10 Maret 2018, namun karena sudah masuk tahapan Pilkada, masa cutinya sekaligus berakhir masa bhakti sesuai Permendagri No. 74 tahun 2016 terkait pengajuan cuti diluar tanggungan negara.

Saat ini ada 7 Plt se-Jawa Barat yang harus diisi, 18 petahana kepala daerah dan wakil kepala daerah yang maju Pilkada.

Terdiri dari 8 bupati yaitu Kabupaten Tasikmalaya, Kuningan, Cirebon, Subang, Garut, Sumedang, Ciamis dan Purwakarta dan tiga orang Wakil Bupati yaitu Garut, Majalengka dan Ciamis.

Lima orang walikota yaitu Kota Bekasi, Bogor, Banjar, Bandung dan Cirebon, dan sebanyak 3 orang wakil walikota yaitu Kota Bekasi, Sukabumi dan Bandung.

“Saya dengar Plt Walikota Bekasi akan diisi oleh salah satu Kepala Dinas dari provinsi Jabar,” ujarnya.

Terkait selama lima tahun kepemimpinan Walikota Rahmat Effendi dan Wakil Walikota Ahmad Syaikhu, kepuasan publik sangat tinggi karena kepemimpinan keduanya dipersepsikan berhasil.

Ditambahkan Didit Susilo, kondisi Riiel pembangunan secara umum berubah dratis dibandingkan tahun tahun sebelumnya dan mampu merubah wajah perkotaan.

Pola hubungan eksekutif (pemerintahan) dan legislatif (DPRD) dalam pengawasan pembangunan dan kontrol anggaran juga cukup baik, pungkasnya.

Menurutnya, saat ini persepsi publik tidak terbantahkan dan publik secara umum terpuaskan.

Dengan kepuasan publik yang cukup tinggi, pada umumnya masyarakat masih menginginkan Rahmat Effendi untuk meneruskan kepemimpinan untuk periode keduanya yaitu 2018- 2023.

“Kebanyakan warga meminta untuk dituntaskan untuk lima tahun berikutnya,” pungkasnya. (Saut)

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *