Transparan  News
13 Juni 2018

Samosir Akan Bangun Patung Yesus di Desa Janji Martahan

Anto Baho

TransparanNews, SAMOSIR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir bersama masyarakat akan laksanakan peletakan batu pertama pembangunan patung Tuhan Yesus bertempat di Kawasan Danau Toba, Desa Janji Martahan, Kecamatan Harian Boho.

Bupati Samosir, Rapidin Simbolon melalui pesan Whatsapp kepada transparannews.com menerangkan, bahwa pembangunan patung Tuhan Yesus ini rencananya akan dimulai pada tanggal 17 Juni 2018 dan dibiayai melalui dana swadaya masyarakat dan bantuan anak perantau yang berasal dari Samosir.

“Sumber pembiayaan pembangunan ini adalah Swadaya Masyarakat, Anak Rantau dan masyarakat bona pasongit. Tidak menggunakan APBD maupun APBN”, jelas Bupati kepada transparannews.com, Rabu (13/6).

Dengan adanya pembangunan patung Tuhan Yesus di Kawasan Danau Toba, hal ini juga dapat menjadi salah satu daya tarik dan minat para wisatawan. Seperti halnya yang ada di berbagai belahan dunia ini dan daerah lainnya di Indonesia.

Misalkan, Patung Yesus Buntu Burake merupakan patung Yesus tertinggi di dunia. Patung ini terletak di Puncak Buntu Burake, Kelurahan Buntu Burake, Kecamatan Makale, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Patung dengan tinggi 45 meter ini diresmikan pada Agustus 2015 dan kini menjadi salah satu landmark di Sulawesi Selatan. Banyak wisatawan berkunjung ke tempat ini untuk menyaksikan keindahan landmark yang berdiri di atas bukit setinggi 1.700 meter itu.

Selain di Tana Toraja dan daerah lainnya, salah satu patung Yesus tertinggi di Indonesia ada di Pulau Yamdena, Desa Olilit Timur, Kecamatan Tanimbar Selatan, Kabupaten Maluku Tenggara Barat, Saumlaki, Provinsi Maluku. Patung Yesus ini memiliki tinggi 25 meter termasuk penyangganya.
 
Menariknya, di bagian bawah patung ini terdapat sebuah bangunan kapela yang bisa dipakai untuk Misa Kudus. Patung ini menghadap langsung ke Laut Arafuru dan menyambut setiap orang yang datang ke pulau itu. Kini, patung Kristus Raja Saumlaki menjadi salah satu destinasi wisata di Maluku. Dan pembangunan patung Tuhan Yesus di Kawasan Danau Toba juga diharapkan menjadi destinasi wisata. (Anto)
 
Photo : Ilustrasi

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *