Transparan  News
15 Mei 2018

Samosir Tingkatkan PAD dari Sektor Pengelolaan Angkutan

Anto Baho
TransparanNews, SAMOSIR –  “Negeri Indah Kepingan Surga” dalam rangka peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir terus lakukan langkah-langkah dengan menggali potensi, baik dari sektor pertanian, perikanan disamping PAD dari sektor Pariwisata yang menjadi  andalan ke depan.
 
Selain potensi yang disebutkan diatas, Pemkab Samosir kini mengoperasikan bus penumpang yang dikelola Dinas Pariwisata Pemkab Samosir rute Pangururan-Bandar Udara Silangit, Siborong-borong (Tapanuli Utara).
Hal itu disampaikan Bupati Samosir, Rapidin Simbolon kepada transparannews.com.
 
“Sejak operasional, bus perintis angkutan umum Pemkab Samosir selama bulan April 2018 telah berperan menyumbang PAD kurang lebih Rp.30 Juta. Adapun biaya yang dipungut (tarif) bagi pengguna bus tersebut, sebesar Rp 50.000/orang untuk sekali jalan,” jelas Rapidin.
 
Lanjutnya, sejak beroperasi awal April 2018, jumlah pengguna jasa bus mencapai 606 orang, baik dari Samosir ke Bandara Silangit dan sebaliknya.
Bus yang berangkat dari Pangururan-Silangit pukul 06.00 WIB dan 11.00 WIB, titik berangkat Terminal Onan Baru Pangururan. Kemudian dari Silangit ke Pangururan berangkat pukul 11.00 WIB dan 16.00 WIB titik berangkat Bandara Silangit (dua trip setiap hari).
 
Dikatakan Bupati, Bus itu dioperasionalkan untuk melayani masyarakat yang bepergian menuju Bandara Silangit maupun wisatawan yang ingin berlibur di Samosir. Dan disatu sisi, bahwa Kapal Layar yang turut menyumbang PAD Pemkab Samosir selalu siap untuk memanjakan para wisatawan untuk mengarungi Danau Toba.
 
“Ini merupakan wujud keseriusan Pemkab Samosir untuk mensukseskan visi dan misinya, terwujudnya masyarakat yang mandiri, sejahtera, dan berbasis kepada pariwisata dan pertanian. Kita juga berharap dukungan dan kerja-sama dari seluruh elemen masyarakat untuk mensukseskan hal itu. Sehingga apa yang kita inginkan untuk Samosir bangkit, mandiri, dan sejahtera dapat tercapai,” ujarnya
 
Rapidin Simbolon juga berharap, kiranya ada investor yang berani berinvestasi di bidang angkutan darat Samosir- Bandara Silangit, karena begitu ada investor bus yang ada akan dipergunakan untuk membuka rute yang baru. (Anto/Saut)

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *