Transparan  News
16 Mei 2018

Satu Anggota Polisi Tewas Dalam Serangan Terduga Teroris di Polda Riau

Anto Baho

TransparanNews, RIAU – Markas Polda Riau (Mapolda) Riau diserang sejumlah terduga teroris, Rabu (16/5) sekitar pukul 09.00 WIB.

Para pelaku mengendarai sebuah mobil Avanza warna putih.

Peristiwa itu menyebabkan seorang polisi yang menjadi korban jiwa, sedangkan dari pihak terduga teroris ada 4 orang yang tewas. Selain itu ada 4 warga sipil yang terluka.

Salah seorang saksi mata yang juga korban, Madi menuturkan, saat tiba mobil itu, langsung menabrak pagar Mapolda Riau.

“Kejadiannya berlangsung cepat. Tiba-tiba turun orang mengenakan topeng langsung membacok anggota polisi yang ada di dekat lokasi kejadian,” ungkapnya.
Dia menyebutkan, kejadian itu bermula saat satu unit mobil Avanza putih tiba-tiba menabrak pagar Mapolda Riau. Kemudian, turun 3 orang yang menggunakan penutup wajah dan langsung menghajar anggota polisi dengan samurai.

“Satu orang sopirnya, melarikan diri dengan mobil, tapi akhirnya mobilnya ditinggal. Akibatnya, satu orang polisi terluka akibat tengkuknya dibacok dengan samurai, satu orang polisi ditabrak, dan satu orang wartawan, Ryan Rahman dan saya sendiri, terluka,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolda Riau Irjen Pol Nandang melalui Kabid Humas AKBP Sunarto merilis secara resmi soal kronologis kejadian penyerangan terduga teroris ke Mapolda Riau, Rabu (16/5/2018) pagi.

Dijelaskan Sunarto, sekitar pukul 09.00 WIB, sebuah mobil mini bus warna putih yang ditumpangi beberapa orang tiba-tiba menerobos masuk lewat pagar depan Mapolda Riau. Saat dicoba diberhentikan, para penumpangnya selanjutnya turun dari mobil.

Salah seorang pelaku sambil menenteng senjata tajam samurai menyerang anggota polisi. Sampai di halaman Mapolda Riau, penumpang turun dan melakuan penyerangan terhadap anggota dengan enggunakan senjata tajam jenis samurai.

“Dua orang anggotaPpolisi terluka kena bacok. Mereka adalah Brigadir Jon Hendri anggota Propam terluka di bagian ibu jari kanan. Satu lagi adalah Kompol Farid Abdulah, anggota Bidkum Polda Riau terluka di bagian belakang kepala,” ucapnya.

Saat ini beberapa barang bukti sudah diamankan.

“Beberapa barang bukti kita amankan termasuk kendaraan. Saat ini sang sopir yang berhasil melarikan diri masih dalam pengejaran,” sambung Sunarto.

Sementara itu, lanjutn Sunarto, petugas dari Tim Jibom melakukan pemeriksaan atau pendalaman baik dijasad pelaku dan mobil yang digunakan. Terkait apakah ada benda mencurigakan atau bahan peledak

“Satu orang pelaku saat itu diketahui memakai semacam body vest,” ucap Sunarto.

Satu Polisi Tewas

“Sementara itu,  satu orang anggota kita, Ipda Auzar tewas tertabrak mobil,” kata Kapolda Riau Irjen Pol Nandang melalui Kabid Humas AKBP Sunarto.
Disisi lain, saat ini beberapa jalan di sekitar Mapolda Riau masih ditutup. Semau arus lalu lintas dialihkan. 

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *