Transparan  News
27 Mei 2018

Setelah Pemekaran Belasan Tahun, Samosir dapatkan WTP Dari BPK RI

Saut Manullang

TransparanNews, SAMOSIR – Kerja keras Bupati Samosir Rapidin Simbolon,bersama seluruh jajarannya untuk mewujudkan transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan Daerah Kabupaten
Samosir akhirnya menuai buah manis.

Dikatakannya, selama 14 Tahun setelah pemekaran menjadi daerah otonom Kabupaten Samosir baru pertama mendapatkan Predikat Wajar Tanpa Pengecualian ( WTP ) berdasarkan penilaian Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia(BPK-RI).

Penyerahan laporan hasil pemeriksaan (LHP) ini langsung dilakukan anggota V BPK-RI Isma Yatun bersama Gubernur Sumut T Erry Nuradi,Kamis (24/5).

Saat dikonfirmasi TransparanNews, Rapidin mengapresiasi kerja keras semua satuan perangkat kerja daerah(SKPD) Kabupaten Samosir yang bekerja extra untuk capaianpengahargaan WTP.

“Saya sangat bangga dengan pencapaian dan penghargaan ini, kami bekerja tanpa mengenal waktu
sehingga berdasarkan pemeriksaan BPK termasuk implementasinya, Samosir memperoleh Wajar Tanpa
Pengecualian yang pertama dalam sejarah berdirinya Kabupaten Samosir,” paparnya.

Ditambahkan Rapidin,semasa transisi kepemimpinan terhadap dirinya pada tahun 2015, diakuinya Kabupaten Samosir pernah dinyatakan Disclaimer atau BPK tidak menyatakan pendapat,dan ini
membuat hati saya sebagai Bupati sedih,dan ini merupakan cambuk atas perobahan dan bekerja keras,hingga tahun 2016 Pemerintah Kabupaten Samosir mendapat opini wajar dengan
pengecualian(WDP).

Semangat untuk terus memperbaiki laporan keuangan yang berdasarkan empat kriteria yaitu kesesuaian dengan standart akutansi Pemerintahan,kecukupan pengungkapan,kepatuhan terhadap perundang undangan dan efektivitas system terus dilakukan.

Dan ditahun 2015 Pemerintah Kabupaten Samosir berupaya menata asset Pemerintah berupa tanah dan pembangunan demi pembangunan dilakukan dengan baik yang akhirnya mendapatkan hasil yang manis mendapatkan WTP.

Untuk capaian ini, Pemerintah Kabupaten Samosir juga membangun kotmitment bersama DPRD Kabupaten Samosir serta dengan para pengelola keuangan pemerintah Samosir.(Saut)

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *