Transparan  News
10 Januari 2018

Tiket Bus Bakal Bisa di Beli Lewat Online atau Minimarket

Saut Manullang

Transparansnews, JAKARTA – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dalam waktu dekat akan menerapkan pembelian tiket online untuk penumpang PO bus antar kota antar provinsi. Sebagaimana yang sudah diterapkan pada pesawat dan kereta api, penumpang nantinya hanya tinggal datang ke terminal dan menunjukan kode pemesanan kepada petugas atau Agen bus yang sesuai dengan bus yang udah di pesan di kawasan terminal .

Itulah Inopasi dari Departemen Perhubungan untuk meningkatkan pelayanan kepada masarakat.

Kepala Subdirektorat Angkutan Orang, Direktorat Angkutan dan Multimoda Kemenhub, Syafrin Liputo, menjelaskan selain lewat online, pembelian tiket bus bisa melalui salah satu jaringan minimarket yang sudah tersebar sampai ke permukiman di Penjuru Desa.

“Jadi bisa online, bisa beli di minimarket,dan tahap awal kita fokus di Jakarta dulu, meski salah satu minimarket jaringannya sudah banyak sekali di Indonesia Sampe Ke plosok-plosok Desa. Jadi mau beli Tiket bus keberangkatan kapan, tinggal datang ke minimarket saja yang dekat dengan rumah,” ujar Syafrin kepada Media.

Dia menjelaskan, penumpang yang sudah mendapatkan tiket dengan kode pemesanan hanya perlu datang ke terminal sesuai dengan jadwal keberangkatan, sehingga tak perlu lagi khawatir kehabisan kursi. Dari sisi harga pun sudah pasti tidak perlu tawar menawar.

“Dia beli di minimarket, datang ke stasiun, nanti tinggal menunjukan saja tiketnya ke petugas atau agen PO bus di terminal. Jam berapa busnya berangkat, tinggal datang saja,” tutur Syafrin.

Menurutnya, saat ini untuk pilot project dengan keberangkatan bus dari terminal di Jakarta, sudah lebih dari 10 PO besar yang bergabung di payment gateway pembelian tiket online.

“Sudah lebih dari 10 PO. Kita dorong semua (PO) bisa bergabung di payment gateway ini,” pungkas Syafrin.(Anwar)

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *