Transparan  News
10 September 2019

TNI-AL Berkomitmen Untuk Meningkatkan SDM Menuju Indonesia Maju

soepianto

TransparanNews, JAKARTA – TNI AL merayakan hari ulang tahun (HUT) ke-74. TNI AL berharap menjadi institusi yang menopang pembangunan sumber daya unggul untuk Indonesia maju.

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji menyebut tahun ini akan menjadi tahun prioritas untuk membangun sumber daya manusia (SDM). Hal ini sejalan dengan visi pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Selaras dengan visi pemerintahan ke depan, area yang menjadi fokus utama untuk TNI AL tahun ini adalah peningkatan pembangunan SDM karena tingginya tingkat profesionalisme,” ucap Siwi dalam sambutannya di Dermaga Pondok Dayung Koarmada I, Jakarta, Selasa (10/9/2019).

Bagi Siwi, pertahanan sebuah negara bukan hanya setara fisik atau kekuatan militer, tapi juga berasal dari kualitas sumber daya manusia. “Pada HUT hari ini, tema yang diambil adalah ‘Bersama Rakyat TNI AL Siap Membangun SDM Unggul Fondasi Indonesia Maju’. Perlu kita sadari bersama bahwa kekuatan pertahanan sebuah negara terukur dalam konsep fisik dan moral. Dalam faktor sumber daya manusia, di situlah unggulnya,” ucap Siwi.

TNI AL bukan hanya dituntut untuk profesional. Tapi juga harus mengikuti perkembangan zaman.
“Kebijakan pembangunan, selain untuk mencapai kesiapan operasional, juga diarahkan ke peningkatan profesionalisme personel, lembaga pendidikan, dan pelatihan di lingkungan AL harus mampu mengimbangi perkembangan pengetahuan dan tantangan tugas,” kata Siwi.
“Ke depan kita harus menguasai keterampilan dan ilmu pengetahuan keangkatan lautan sekaligus dan berkarakter yang kuat,” imbuhnya.

Upacara diikuti pasukan TNI AL dan ada pula beberapa undangan, seperti Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan serta Wakil Kepala Polri Komjen Ari Dono Sukmanto. Enam Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) dan alutsista lainnya dari Marinir diikutsertakan dalam upacara.
Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengucapkan selamat hari ulang tahun bagi TNI AL. Anies menyebut TNI AL adalah garda terdepan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Izinkan kami atas nama masyarakat Jakarta, sampaikan terima kasih dan apresiasi. Dahulu, saat masih banyak bertugas di pelosok Tanah Air. Salah satu unsur yang paling sering ditemui di tempat terdepan, pulau terjauh adalah unsur TNI Angkatan Laut. semoga semua diberikan kesehatan agar bisa menjalankan amanat sebaik-baiknya,” ucap Anies kepada wartawan usai upacara. (awr)

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *