Transparan  News
6 Desember 2018

Bupati Bogor Berikan Penghargaan Kepada Pegiat Sosial di HKSN

Anto Baho

TransparanNews, BOGOR – Bupati Kabupaten Bogor Hj Nurhayanti hadiri Peringatan Hari Kesetiakawan Sosial Nasional (HKSN) 2018, Kamis (6/12) dengan thema “Kesetiakawanan Sosial Harmoni Indonesia”.

Pada kesempatan tersebut, Bupati juga menyerahkan penghargaan secara simbolis kepada beberapa perwakilan Potensi dan Sumber Kesejateraan Sosial (PSKS) yang berprestasi, antara lain
PSM, TKSK, Karang Taruna, TAGANA, LKS, Pekerja Sosial (LK3), Masyarakat Relawan dan kepada Perusahan yang pemberi bantuan CSR (Corparate Social Responsibillity).

Dikatakan Hj Nurhayanti, Hari Kesetiakawan Nasional 2018, merupakan momentum penting untuk terus memelihara, menanamkan, menumbuh kembangkan serta merevitalisasikan nilai-nilai kesetiakawanan sosial.

“Nilai kebersamaan persaudaraan gotong royong dan kepudulian sosial yang sesungguhnya sudah mengakar rumput ditengah masyarakat, namun harus selalu kita revitalisasi agar tidak menipis tergerus arus globalisasi. Kita harus memelihara, menanamkan serta menumbuh kembangkan rasa cinta kepada kehidupan bersama yang diimplementasikan dalam bentuk kesadaran dan kekuatan moral untuk menghadapi, mengatasi berbagai permasalahan bangsa seperti kemiskinan, ketertinggalan sosial karena terpencil, keterlantaran, ketuna sosial dan korban bencana alam serta berbagai permasalahan sosial lainya”, ungkap Bupati.

Menurutnya, Kesetiakawanan Sosial Harmoni Indonesia, mencerminkan ke Indonesiaan yang beragam suku bangsa, bahasa dan adat istiadat, namun seirama dalam kerukunan persatuan dan kesatuan Indonesia.

“Untuk itu, kita perlu menumbuhkan empati sosial yang akan membawa kita pada pemahaman tentang pentingnya komitmen untuk menghargai keberagaman dan mengatasi kesenjangan sosial melalui tindakan nyata yang bermanfaat bagi masyarakat”, tuturnya.

Sementara itu, Dra Yanti Gunayanti, dalam sambutanya menyampaikan maksud dan tujuan dilaksanakan kegiatan peringatan HKSN 2018 ini, untuk menanamkan, mempertahankan, mewujudkan rasa kebersamaan dalam tindak dan sikap hidup serta membudayakan nilai kebersamaan dalam kepedulian sosial khususnya di Kabupaten Bogor.

Selanjutnya, ditambahkan Siti Rohma
Kasie Jaminan Sosial Keluarga, dengan semangat meperingati HKSN ini, dapat memotivasi penggiat sosial untuk melayani masyarakat dalam pelayanan sosial yang saling memperdulikan dan menjadi kebiasan untuk saling membantu satu sama lain. Selain itu, dapat meningkatkan kesejahteraan bersama, sehingga masyarakat Kabupaten Bogor mimiliki jiwa kesetiakawanan.

Siti Rohma juga mengatakan, turut berpartipasi mensukseskan kegiatan pelayanan kesejahteraan sosial untuk mengentaskan kemiskinan dan pelayanan terhadap masyarakat khususnya lanjut usia serta ekstabilitas dengan program keluarga harapan.

“Kegiatan peringatan Hari Kesetiakawanan Nasional 2018 ini dihadir para pengiat dan relawan sosial yang berjumlah 432 orang dan 75 orang pengiat pendamping aktivitas keluarga harapan yang aktif dalam penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Bogor”, jelas Siti Rohma.

H Topik relawan TAGANA, salah satu yang mendapat penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Bogor menyampaikan, terimakasih terhadap Pemerintah Kabupaten Bogor, telah memperhatikan relawan dengan memberikan penghargaan.

“Kedepan, ini dapat sebagai motivasi semangat yang sangat positif bagi pegiat dan relawan pekerja sosial lain untuk memberikan pelayanan sosial lebih baik lagi”, ucapnya.

Turut hadir Ketua DPRD, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Bogor, Kepala Organisasi Perangkat Daerah, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), Camat Se-Kabupaten Bogor, Pengurus Yayasan Panti Sosial dan Lembaga Sosial, Karang Taruna, Pekerja Sosial Masyarakat, Tenaga Kesejateraan Sosial Kecamatan, Lembaga Taruna Siaga Bencana Alam (TAGANA) serta Konsultan Kesejahteraan Keluarga dan Koordinasi Kegiatan Kesejahteraan Sosial. (Red)

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *