Transparan  News
13 Februari 2020

Kapolsek Kandis Lakukan Pengecekan Peralatan Posko Karhutla

soepianto

TransparanNews, KANDIS – Upika Kecamatan Kandis bersama Polsek Kandis dan Makoramil 11 PWK Kandis, menggelar apel siaga dan gelar peralatan dalam menghadapi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Halaman Posko Karhutla Kecamatan Kandis yang terletak di Jalan Lintas Pekanbaru Duri KM 71 Kelurahan Telaga Samsam, Rabu (12/2/2020).

Apel siaga dan gelar peralatan ini dipimpin oleh Kapolsek Kandis, KOMPOL Indra Rusdi SH yang menjelaskan bahwa apel digelar untuk mempersiapkan segala hal dalam menghadapi Karhutla. Apalagi bencana tidak diduga kapan saja dapat terjadi karena akan datang secara tiba tiba.

Namun demikian lanjutnya, bagaimana semua pihak bisa menghadapi bila terjadi bencana kebakaran hutan dan lahan. Ia menjelaskan bahwa ada 3 kategori bencana yakni bencana alam, non alam seperti kegagalan teknologi termasuk penyakit dan bencana soal.

“Untuk menghadapi Karhutla ini, petugas harus menyiapkan tiga hal mulai dari prosedur terkait dengan SOP kemudian sumber daya manusia atau SDM. Untuk SDM ini mereka harus memiliki kemampuan dan keterampilan dalam melaksanakan pemadaman kebakaran,” jelas Indra.

Terlihat hadir dalam apel siaga tersebut selain KOMPOL Indra Rusdi, Camat Kandis Said Irwan SEdan Danramil Kandis Kapten Inf Bukti Sitepu juga hadir Waka Polsek Kandis AKP Yani Marjono SH, Kanit Binmas IPTU H Junaidi, Panit I Lantas IPTU Enda Supandi, Panit I Sabhara IPTU Edi Susanto SH, Panit I Intelkam IPDA Stedi Akhda, Kaur Kalaster 4 Kandis Hendra Cipta, Personil Polsek Kandis 40 orang, Anggota Damkar 14 orang serta anggota Makoramil 11 PWK Kandis 10 orang.

“Apel ini rutin digelar dalam sebulan sekali dalam upaya meningkatkan kesiapsiagaan Satgas Karhutla kita. Usai apel selain dilakukan pengecekan peralatan, giat selalu diakhiri dengan patroli dan untuk patroli ini selalu setiap saat dilakukan oleh Satgas kita,” ujar Said Irwan SE.

Hingga kini peralatan Karlahut Kecamatan Kandis yang selalu standby adalah 2 Unit Mobil Damkar, 1 Unit Mesin Kohler, 1 Unit Mein Tohatsu, 1 Unit mesin Sunah Hura, 1 Unit Masin Apung Kawasaki, 2 Unit Masin Apung merek Honda, Selang sebanyak 50 Rol, Nozel dan 6 buah slang. (JM Tampubolon)

 

 

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *