Transparan  News
16 November 2019

Lembaga Independen Lakukan Akreditasi Penilaian Puskesmas di Pangaribuan

soepianto

TransparanNews, TAPUT – Tim Surveyor dari Lembaga Independen lakukan penilaian Akreditasi di Puskesmas Kecamatan Pangaribuan, Sabtu,  (16/11/2019) bertempat di Aula Puskesmas Pangaribuan.

Dikatakan, bahwa manusia adalah faktor kunci keberhasilan dari suatu pembangunan. Untuk menciptakan manusia yang berkualitas diperlukan suatu derajat kesehatan manusia yang prima sehingga dalam hal ini mutlak diperlukan pembangunan kesehatan. Untuk mendukung pencapaian pembangunan kesehatan tersebut, pemerintah telah menyediakan beberapa sarana/fasilitas kesehatan beserta tenaga kesehatannya. Salah satu fasilitas kesehatan yang banyak dimanfaatkan masyarakat adalah Puskesmas.

Menurut Tim Surveyor, sebagai ujung tombak pelayanan dan pembangunan kesehatan di Indonesia maka Puskesmas perlu mendapatkan perhatian terutama berkaitan dengan mutu pelayanan kesehatan, sehingga dalam hal ini Puskesmas akan dilengkapi dengan Unit Rawat Inap dan dituntut untuk meningkatkan keprofesionalan para pegawainya serta meningkatkan fasilitas/sarana kesehatannya untuk memberikan kepuasan kepada masyarakat pengguna jasa layanan kesehatan.

Sementara itu, UPT Kesehatan Kecamatan Pangaribuan Edward Sihombing menyatakan, peningkatan layanan kepada masyarakat untuk memperbaiki Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) terus dilakukan dengan berbagai upaya.

“Seperti peningkatan mutu dan kinerja, dengan pengembangan sistem manajemen mutu dan upaya perbaikan kinerja yang berkesinambungan, baik dalam pelayanan klinis, manajemen dan penyelenggaraan upaya-upaya kesehatan lainnya,” ujarnya kepada Wartawan.

Edward juga menjelaskan, salah satunya dituangkan melalui kegiatan Akreditasi yang merupakan pengakuan dari Lembaga Independen penyelenggara akreditasi, yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan setelah memenuhi standar akreditasi.

“Disamping itu, akreditasi memiliki tujuan yang sangat baik, yaitu untuk mendorong upaya peningkatan mutu dan kinerja pelayanan FKTP, agar tercipta kepuasan masyarakat, meliputi pemenuhan sarana, prasarana, alat kesehatan, sumber daya manusia dan obat-obatan,” ucapnya.

Kemudian, Edward menilai bahwa penilaian akreditasi Puskesmas merupakan suatu kegiatan yang penting dilakukan agar mutu atau kualitas pelayanan dapat diintegrasikan dan dibudayakan dalam sistem pelayanan di Puskesmas.

“Selain itu, penilaian Akreditasi dapat memacu Puskesmas untuk memenuhi standar yang telah ditetapkan, kemudian akan ditetapkan strata akreditasi Puskesmas yang telah memenuhi standar yang ditentukan, sehingga pada akhirnya diharapkan terbina Puskesmas dengan sistem pelayanan, mutu dan kinerja yang baik,” ucapnya. (Panahatan/Raidon)

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *