Transparan  News
4 Desember 2018

Sejumlah Tokoh Masyarakat Dasomuzoi Desak Bupati Copot Kepala Sekolah

Anto Baho

TransparanNews, NIAS UTARA – Sejumlah Tokoh Masyarakat Dasomuzoi Desa Dahana Hiligodu Kecamatan Namohalu Esiwa Kabupaten Nias Utara mendesak Bupati M Ingati Nazara untuk mencopot Kepala Sekolah Dasar 076077 karena dinilai arogan dengan mengucapkan kata-kata tidak pantas terhadap siswa/i pada saat apel pagi, Rabu, 5 September 2018 yang lalu.

Sebelumnya para tokoh masyarakat, antara lain TH, FG, SG, AG dan AEG telah melaporkan kejadian tersebut kepada Bupati, Inspektorat dan Kepolisian melalui surat keberatan yang dilayangkan. 

Adapun isi surat tuntutan pencopotan terhadap Faomaato Gea, S.Pd Kepala SD 076077 tersebut didasari dengan ketidaknyamanan para orangtua siswa/i pada proses kegiatan belajar mengajar dan bahkan memiliki sifat otoriter yang berlebih  untuk mendisiplinkan para pelajar.

Menurut keterangan para toko masyarakat kepada transparannews, bermula saat Kepala Sekolah megucapkan kalimat sinis dan meremehkan  para orangtua siswa  didepan anak didik dan kalimat mengancam terhadap peserta didik  dengan kata-kata tidak terpuji untuk  ditiru sebagai panutan yang baik.

“Kalau kalian masuk di Kabupaten Nias Utara, dengan tegas kalian kupecat sekaligus saya batalkan nama-nama yang menerima beasiswa. Apalagi saat ini saya adalah Kepala Sekolah”, ucap salah satu tokoh menirukan kalimat Faomaato Gea, S,Pd kepada anak didik.

Keterangan saksi mata (salah satu pelapor) mengatakan, bahwa kalimat yang dilontarkan Kepala Sekolah didengar langsung saat berada tepat di depan pagar sekolah yang kebetulan lewat.

“Kalimat tersebut saya dengar langsung dari mulut Kepala Sekolah tersebut pak,  saya kaget dengan ucapan tersebut saat saya tidak sengaja melintas di depan pagar sekolah itu”, terangcap  salah seorang dari  5 orang pelapor pada awak media yang meminta identitasnya tidak disebutkan.

Di tempat terpisah Perianus Harefa, tokoh pemuda  pemerhati pendidikan menyayangkan kalimat tersebut diatas bila benar diucapkan oleh Kepala SD 076077 ke sejumlah siswa/i. 

“Kiranya dalam mengatasi  persoalan  harus dengan akal sehat, bila memang ada masalah ada baiknya di musyawarahkan kepada orangtua/wali siswa/i, bukan mempermalukan dimuka umum. Saya sangat mendukung jika Pemerintah Kabupaten Nias Utara mengambil langkah cepat untuk memecat/memindahkan atau menindaklanjuti perbuatan Kepala Sekolah tersebut”, ungkap Harefa.

Hingga berita ini dimuat, Kepala Sekolah Faomaato Gea, S.Pd belum bisa dikonfirmasi oleh awak media.(Kris/Alam Waruwu )

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *