Transparan  News
12 Maret 2019

Porseni Diniyah 2019, Jaring Bibit Olahragawan dan Seniman Sejak Dini

Anto Baho

TransparanNews, JAKARTA – Pemerintah Kota Jakarta Utara menggelar Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) Diniyah 2019, di Gelanggang Olah Raga (GOR) Sunter, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (12/3). Lebih dari 1.000 peserta berasal 50 sekolah Diniyah saling bersaing sehat dalam lima cabang olahraga dan tujuh cabang seni yang diperlombakan.

Wakil Wali Kota Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim mengapresiasi kegiatan tersebut. Dinilainya kegiatan positif ini dapat memupuk kebersamaan dan sportifitas sejak dini. Apalagi para peserta diisi dari rentan usia Madrasah Aliyah (SD) antara tujuh sampai 12 tahun.

“Pesertanya ada seribuan lebih santri. Ada berbagai cabang olahraga dan kegiatan seni yang bernafaskan islami,” kata Ali saat ditemui di GOR Sunter, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (12/3).

Dengan adanya kegiatan ini, dia berharap dapat menjaring bibit olahragawan dan seniman soleh dan solehah. Hal ini juga sejalan dengan program Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyied Baswedan untuk memperbanyak kegiatan anak yang masih dalam masa tumbuh kembang. Sehingga anak terhindar dari berbagai kegiatan negatif seperti tawuran dan bahaya Narkotika.

“Kedepannya saya berharap kegiatan ini tidak hanya digelar pada tingkat kota, melainkan juga merambah pada tingkat kecamatan, kelurahan hingga RT/RW. Sehingga kita bisa mengetahui potensi anak yang akan menjadi calon-calon generasi penerus bangsa,” jelasnya.

Kepala Suku Dinas Pemuda dan Olahraga Jakarta Utara Heru Hariayanto menerangkan, kegiatan ini merupakan satu-satunya Porseni Diniyah di DKI Jakarta. Selain mengembangkan semangat santri dalam berolahraga dan seni, kegiatan ini juga sebagai alat pemupuk persatuan dan kesatuan di antara santri sejak dini.

Cabang olahraga dan seni yang dipertandingkan, yaitu atletik, gerak jalan, sepak bola, tenis meja, bulu tangkis, lomba pidato Bahasa Arab, lomba pidato Bahasa Indonesia, kaligrafi, murotal wa imla, tahfidz, puisi Islam, dan cerdas cermat. Piala dan piagam penghargaan akan diberikan kepada para juara satu hingga tiga setiap cabang olahraga dan seni yang diperlombakan.

“Poseni Diniyah ini sudah keempat kalinya kita adakan setiap tahun. Ini sangat positif untuk anak-anak salah satunya mengurangi penggunaan gadget. Jadi mereka lebih aktif untuk berkegiatan olahraga dan seni,” tutupnya. (awr)

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *