Transparan  News
24 Agustus 2019

Dinas Pendidikan Kota Bekasi Siapkan Beasiswa Bagi Siswa Berprestasi

Saut Manullang

TransparanNews, KOTA BEKASI – Sektor Pendidikan adalah garda terdepan dalam menentukan maju mundurnya suatu pemerintahan. Untuk memperkuat sektor pendidikan, baik pemerintah pusat, provinsi sampai pemerintah kabupaten-kota kini memberikan porsi terbesar dalam anggaran belanja daerahnya.

“Pemerintah Kota Bekasi, mengalokasikan lebih dari 20 persen APBD-nya untuk sektor pendidikan,” ujar Inayahtullah Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi kepada TransparanNews.

Lanjut Kadisdik, alokasi anggaran itu sudah termasuk belanja pegawai, belanja modal dan belanja barang dan jasa. Termasuk di dalamnya penguatan sumber daya pendidikan dan penguatan sumber daya peserta didik.

Dinas Pendidikan Kota Bekasi, bahwa atensi pemerintah dalam meningkatkan kualitas sumber daya peserta didik sangatlah besar dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, dan tahun 2019 ini, Pemerintah Kota Bekasi melalui Dinas Pendidikan Kota Bekasi mengalokasikan anggaran beasiswa untuk siswa berprestasi jenjang SD dan SMP, serta bantuan pendidikan untuk siswa berprestasi di bidang hafiz Qur’an.

Pemberian beasiswa ini merupakan implementasi dari salah satu visi, misi Kota Bekasi mencapai Kota Bekasi yang cerdas, maju dan kreatif, pungkas Inayahtullah.

Beasiswa tersebut direncanakan akan diberikan pada bulan Oktober mendatang bagi siswa-siswi berprestasi di bidang Akademik maupun Non Akademik. Pemberian beasiswa ini sebagai salah satu bentuk perhatian Pemerintah Kota Bekasi terhadap pendidikan dalam mendorong siswa serta memotivasi agar terus berprestasi.

Mawar, MPd, Kepala Seksi (Kasi) Bina Program Dinas Pendidikan di ruang kerjanya mengatakan, telah mengundang dan melakukan pertemuan dengan seluruh pengawas SD dan SMP, Pengurus K3S serta mengundang Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP se-Kota Bekasi.

“Sosialisasi telah kita lakukan dan sudah kita bahas dengan para kepala sekolah, Pengawas juga dengan para pengurus K3S, MKKS pada 1 Agutus 2019 lalu di Aula Lt. III Gedung Dinas Pendidikan,” ujar Mawar.

Mawar juga mengatakan, pemberian beasiwa untuk siswa berprestasi itu sangat baik untuk memotivasi para siswa agar terus berprestasi.

Sementara Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Uu Saiful Mikdar mengatakan bahwa Pemerintah Kota Bekasi melalui Dinas Pendidikan tahun 2019 ini menyediakan anggaran beasiswa sebesar 2 miliar rupiah untuk para siswa berprestasi di bidang akademik maupun non akademik.

“Kita (Pemkot Bekasi melalui Dinas Pendidikan — red) telah menyiapkan anggaran sebesar 2 miliar rupiah beasiswa untuk siswa berprestasi jenjang SD, SMP dan siswa berprestasi di bjdang hafiz Qur’an. Kita berharap program ini dapat terus berkesinambungan dalam mewujudkan Visi Kota Bekasi Cerdas,” ungkapnya menutup.(Saut/ADV) 

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *