Transparan  News
3 Desember 2018

Pemkot Bekasi Akan Mendirikan Sekolah Disabilitas

Anto Baho

TransparanNews, BEKASI – Pasca kehadiran Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di Kota Bekasi beserta beberapa Menteri dan didampingi Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional, Senin (3/12/2019), meninggalkan pesan khusus buat Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi yakni untuk pendirian Sekolah Disabilitas.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Alie Fauzi kepada transparannews diruangannya, Senin (3/12).

Menurutnya, nantinya pendirian Sekolah Disabilitas akan didirikan dibeberapa Sekolah Dasar Negeri yang ada di Kota Bekasi. “Kita akan lakukan Merger untuk sekolah, salah satunya SDN Marga Jaya yang ada dibelakang Polres Metro Bekasi”, ungkapnya.

Selain itu, Kata Kepala Dinas Pendidikan, adanya kunjungan Presiden, Otomatis Kota Bekasi akan semakin dikenal di daerah-daerah lain.

“Dan pada saat kunjungan tadi pagi (Senin, 3/12) ada beberapa hal yang disampaikan, diantaranya keinginan pak Jokowi agar kota Bekasi memiliki sebuah sekolah khusus untuk penyandang Disabilitas. Ya, awalnya pada saat Presiden menanyakan bahwa apakah sudah ada sekolah khusus Disabilitas disini, nah kita jawab belum…!!! Nah, sehingga pada saat itu juga, beliau langsung memerintahkan ke Menteri Sosial agar berkoordinasi langsung. Oleh sebab itu, Walikota kita langsung menginstruksikan kepada saya agar segera mempersiapkan segala sesuatunya untuk pembangunan sekolah ini. Dan lokasinya adalah di belakang Polres Metro Bekasi, yang kebetulan disana sudah ada sekolahnya yaitu SDN Marga Jaya II. Jadi akhir tahun ini akan kita persiapkan semua perencanaanya, sehingga di 2019 sudah berjalan”, kata Alie Fauzi.

Disinggung masalah dana yang akan digunakan nantinya untuk pembangunan gedung sekolah tersebut, apakah dari APBD atau langsung dari Kementerian, Alie menjelaskan bahwa tentu akan melibatkan APBD pastinya. “Dan sekarang sedang dipersiapkan karena baru hari ini instruksi dari pak Wali. Tentu APBD akan ikut andil dalam pembangunan ini, dan kita akan berkoordinasi dengan Dinas Perumahan Permukiman dan Pertanahan  (DISPERKIMTAN) Kota Bekasi, bahkan sampai ke Kemensos guna untuk memfasilitasi entah itu bentuknya seperti apa, akan kita libatkan demi berdirinya sekolah khusus penyandang Disabilitas ini. Dan saya juga berharap bisa terealisasi secepatnya dan bisa berfungsi di akhir masa jabatan saya ini,” tutupnya. (Anto)

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *