Transparan  News
12 November 2018

KPU Kota Gunungsitoli Laksanakan Rekapitulasi DPTHP-2

Anto Baho

TransparanNews, GUNUNGSITOLI – Komisi Pemilihan Umum Kota Gunungsitoli laksanakan Rekapitulasi daftar pemilih tetap hasil perbaikan ke dua (DPTHP-2) tingkat KPU Kota Gunungsitoli Sumatera Utara Senin (12/11).

Pelaksanaan tersebut dihadiri oleh Ketua KPU kota Gunungsitoli, Firman Novrianus Gea, SE beserta anggota Komisioner anggota KPU kota Gunungsitoli yakni, Darni Saleh Baeha, SE, Fajarman Zalukhu, SE, Juliman Berkat Harefa, SH dan Bawaslu Kota Gunungsitoli, Nur Alia Lase, S.Pd, serta Go’ozisokhi Zega, S.Pd d  mewakili Forkopida, Polres Nias, Dandim 0213/Nias, Dinas Kependudukan Kota Gunungsitoli serta para Partai politik yang dihadiri oleh Ketua Partai Garuda Kota Gunungsitoli, Partai PKPI, Partai Berkarya dan Partai PDIP dan  PPK se-kecamatan Gunungsitoli dan Pers.

Acara diawali dengan sambutan yang disampaikan oleh Ketua Bawaslu Kota Gunungsitoli, yang diwakili oleh Nur Alia Lase, S.Pd  kiranya acara ini berjalan dengan baik agar DPTHP ketiga dan seterusnya tidak ada lagi sehingga akurat daftar pemilihnya.

Kadis Disdukcapil (Dinas Kependudukan) Kota Gunungsitoli yang diwakili oleh pelaksana dukcapil kota Gunungsitoli, Aswira DK Waruwu, menyampaikan bahwa proses penetapan DPTHP dari Dukcapil tetap memberikan data tersebut sehingga  bersinergi.

“Baik data ganda atau yang meninggal tetap kita serahkan agar lengkap, berdasarkan data perekaman  tersebut itu menjadi acuan kita”, ucapnya.

Sementara Ketua KPU Kota Gunungsitoli, Firman Novrianus  Gea, SE menyampaikan bahwa hari ini acara rekapitulasi perbaikan DPTHP-2 tingkat Kota Gunungsitoli, dan akan dilaksanakan sesuai dengan proses dan sudah dilakukan sinkronisasi dan dimasukan di Sidali namun jaringan terganggu sehingga melalui online.

“Data  tersebut 87.017 orang yang kita masukan ke Sidali rupanya masih ada data ganda, namun itu  masih kita sesuaikan, jadi  kita laksanakan sesuai yang dapat kita kirimkan. Kalau Bapak/ibu meminta bay name, by anggres itu harus kita ambil melalui Sidali, namun jaringan terganggu dalam penggambilan data tersebut”, ujar Firman.

Adapun data setiap kecamatan yakni,

1. Kecamatan Gunungsitoli dimana Kel/desa sebanyak 32 TPS 164  dengan Jumlah Pemilih = 38.382.

2.Kecamatan Gunungsitoli  Selatan dimana Kel/desa sebanyak 15 TPS 43 dengan Jumlah Pemilih = 9.670.

3.Kecamatan Gunungsitoli Utara dimana Kel/desa sebanyak 10 TPS 52  dengan Jumlah Pemilih = 11.780.

4. Kecamatan Gunungsitoli Idanoi dimana Kel/desa sebanyak  26 TPS 75 dengan Jumlah Pemilih = 16.532.

5. Kecamatan Gunungsitoli Alo’oa dimana Kel/desa sebanyak  9, TPS 25 dengan Jumlah Pemilih= 4.948.

6. Kecamatan Gunungsitoli Barat dimana Kel/desa sebanyak 9,  TPS  37 dengan Jumlah Pemilih= 5.689.

Jadi total keseluruhannya dari  Kelurahan/desa sebanyak= 101;  TPS = 396;  Laki = 41.656 dan Perempuan=45.345  dan  Jumlah Pemilih L+P= 87.001.

Dalam sesi tanya jawab dari beberapa partai ada beberapa perbedaan antara angka dari jumlah 87.017  sehingga berkurang  dan menjadi 87.001, alasannya bahwa sebelumnya ada data ganda dan anomali dan juga dari Sidali jaringannya terganggu sehingga telah disesuaikan.

Sebelumnya mewakili Bawaslu Kota Gunungsitoli mengharapkan kiranya data ganda dan anomali tidak akan muncul kembali sehingga tidak muncul lagi  daftar pemilih tetap hasil perbaikan ke tiga dan seterusnya. “Kita harapkan agar datanya akurat”, ujar Bawaslu.  (Wardiyansyah Waruwu)

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *